Kitab - Tasywiqul Khilan

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab205
PengarangKH Muhammad Maksum bin Salim  Tahun Terbit Masehi/Hijriah1883 M (S)/1303 H (T)
Penerbit'Iisa al Babiy al HalabiFan/KategoriBahasa
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

KH Muhammad Maksum bin Salim  seorang ulama asal Indonesia yang unggul dalam dalam keilmuannya.  Salah satu karyanya yang banyak dikaji di kalangan masyarakat kitab Tasywiqul Khillan, kitab ini merupakan hasyiyah (catatan Panjang) dari kitab Mukhtashor Jiddan syarah dari kitab Jurumiyyah karya Sayyid Zaini dahlan guru besar dan salah seorang Mufti Syafi’iyah abad 19 M di Mekkah. KH Muhammad Makshum menyelesaikan kitabnya pada Jumadil Akhir 1303 H/1886 M Semarang. Meskipun begitu, karya yang berjumlah 222 halaman baru dicetak 54 tahun kemudian oleh penerbit Al-Maktabah Al-Ilmiyah pada Dzulqa‘dah 1358 H yang bertepatan dengan Januari 1940 M. Sebelum masuk cetak, Tasywiqul Khillan dibaca kembali oleh salah seorang guru besar Universitas Al-Azhar Ahmad Sa’ad Ali.

Sebagaimana kitab matannya, secara keseluruhan kitab ini membahas tentang ilmu nahwu dengan penjabaran yang lebih luas. Kitab disusun dalam naskah arab dengan menuliskan catatan matannya kemudian penjabarannya, diantara pembahasan yang beliau tulis adalah urain tentang kalimat Bismillahirrahmanirrahim dengan tujuan menjabarkan I’rab yang benar dan mengambil barakahnya.
Menulis kitab adalah tradisi pelestarian keilmuan yang sudah dilakukan para ulama sejak zaman dahulu hingg saat ini. Kitab merupakan representasi keilmuan pengarang agar dapat dibaca,dipahami dan dipelajari banyak orang, disisi lain sebagai ulama juga bertugas memahamkan umat ajaran yang benar, sehingga dengan adanya kitab yang bersumber dari ahlinya menjadi sangat penting dan berpengaruh.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab TASYWIQUL KHILLAN, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat, dan kita bisa mengambil pelajaran darinya.

 

IDENTITAS KITAB:

Judul Kitab  :  TASYWIQUL KHILLAN (PDF)

Tebal            :   208 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!