Kitab - Tuhfatuth Thullab

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab209
PengarangSyaikh al-Islam, al-Qadhi Zaynuddin Abu Yahya Zakariya bin Muhammad bin Ahmad al-Anshari al-Sunaiki al-Mishri (823-926H)Tahun Terbit Masehi/Hijriah1997 M/1418 H
PenerbitDaar Al Kutub al ImiyahFan/KategoriFiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Kitab singkat dari kitab yang judul lengkapnya adalah “Tuhfah al-Thullab bi Syarh Tahrir Tanqih al-Lubab ”.
Karya Syaikh al-Islam, al-Qadhi Zaynuddin Abu Yahya Zakariya bin Muhammad bin Ahmad al-Anshari al-Sunaiki al-Mishri (823-926H). Kitab ini adalah huraian (syarah) Syaikh al-Islam Zakariyya al-Anshari atas kitab yang beliau karang sendiri yaitu kitab “Tahrir Tanqih al-Lubab”.

Oleh sebab itu, kitab Tuhfah al-Thullab ini lebih dikenali dan populer sebagai kitab Syarh al-Tahrir. Adapun Kitab Tahrir Tanqih al-Lubab itu sendiri adalah ringkasan (mukhtashar) dari Kitab Tanqih al-Lubab karya al-Imam Waliyuddin Abu Zur’ah Ahmad bin al-Hafizh Abdul Rahim al-‘Iraqi (762-826H ).
Kitab Tanqih al-Lubab itu adalah sebuah kitab ringkasan terhadap kitab karya Imam Abu al-Hasan Ahmad bin Muhammad bin Ahmad al-Dhabi al-Mahamili al-Syafi’i (368-415H ) yang berjudul al-Lubab fi al-Fiqh al-Syafi’i.

Secara garis besar kitab ini membahas secara luas tentang hukum hukum fiqh dalam madzhab Syafi’i, dimulai dari thoharoh, wudlu, dan seterusnya seperti kitab fiqh pada umumnya. Kitab terdiri dari  311 halaman dan setiap pembahasan ditandai dengan istilah bab sebagai pembagian besar dan pasal sebagai pembagian yang lebih kecil. ditulis dalam bahasa arab dan menggunakan bahasa sederhana, selain itu kealiman pengarangnya yang  masyhur mengangkat kedudukan kitab ini yang membuat karyanya ini banyak dikaji di kalangan umat muslim.
Di samping mensyarah Kitab Tahrir Tanqih Al Lubab, Syaikh al-Islam meringkas juga kitab al-Tahrirnya tersebut dengan kitab lain yang berjudul al-Taysir.
Kitab al-Taysir ini sebagai sebuah ringkasan kitab al-Tahrir, disusun dalam bentuk nazam.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab TUHFATUTH THULLAB , yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat, dan kita bisa mengambil pelajaran darinya.

 

IDENTITAS KITAB:

Judul Kitab  :  TUHFATUTH THULLAB (PDF)

Tebal            :   311 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!