Kitab - Umdatu As-Salik Wa Uddatu An-Nasik ( OLD )

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab215
PengarangSyihabuddin Abu Al-‘Abbas Ahmad bin Lu’lu’ bin Abdullah An-Naqib Ar-Rumi Al-MishriTahun Terbit Masehi/Hijriah2000 M (S)/1420 H
PenerbitMarkaz Tauiyyah al Fiqh al IslamFan/KategoriFiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya  yang disusun oleh al-Imam al-‘Allamah Syihabuddin Abu al-‘Abbas Ahmad bin al-Naqib al-Mishri (702-769H). Beliau terkenal dengan  Ibnu al-Naqib al-Mishri.
Salah satu kitab yang membahas tentang cara seorang hamba dalam beribadah dalam perspektif fiqh. Kitab ini termasuk dalam kategori kitab fiqh tasawwuf yang mensatu padukan tuntunan ibadah beserta hukm fiqhnya, mazhab Syafi’i.

Cara seorang hamba berinteraksi dengan Tuhannya adalah melalui ibadah. Ibadah adalah suatu perkara yang dicintai Allah bila mana kita mengerjakannya, baik itu perkara wajib,sunnah ataupun mubah seperti sholat, puasa dan lainnya. Beberapa ibadah seperti shodaqoh bisa kita lakukan kapan dan dimana saja, namun Sebagian ibadah lainnya, seperti  ibadah wajib memiliki tatacara yang harus dimengerti. Diantara ikhiyar yang harus dilakukan adalah mempelajari karya para ulama salaf yang mengkaji tentang hal tersebut
Sebagaimana judul kitab Umdatus Salik  wa Uddatun Nasik (tumpuan dan perlengkapan ibadah seorang hamba dalam menuju jalan Allah), secara keseluruhan kitab ini membahas tuntunan  dalam ibadah yang disajikan dalam bentuk fiqh. Kitab ditulis dengan sangat detail dan jelas terutama dalam keluasan fiqhnya, didalam kitab juga termuat ikhtilaf, dalil dalil pendukung dan sebagainya. Kitab ini merupakan kitab independen (bukan syarah atau mukhtashor) yang tergolong dalam kategori menengah, tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Meskipun bukan kategori kitab besar namun kitab ini sudah mencakup seluruh pembahasan penting dlam mazhab syafi’i.

Kitab ini telah disyarah oleh beberapa ulama, antaranya; 
(1) Syaikh Umar Barakat al-Syami al-Baqa’iy (1313H) dengan karyanya “Fayd al-Ilah  al- Malik Syarh ‘Umdah al-Salik ”,

(2) al-‘Allamah al-Syaikh Muhammad al-Zuhri bin Mustafa al-Ghumrawi () dengan karyanya “Anwar al-Masalik Syarh ‘Umdah al-Salik wa ‘Uddah al-Nasik ”.

(3) al-‘Allamah al-Syaikh Dr Musthafa Dib al-Bugha al-Dimasyqi al-Syafi’i (1938-) dengan dua buah karyanya “Tanwir Masalik bi Syarah wa Adillah ‘Umdah  al-Salik” dan “Tashil al-Masalik bi Syarh wa Tazhib ‘Umdah al-Salik ”.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab UMDATUS SALIK WA UDDATUN NASIK, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat, dan kita bisa mengambil pelajaran darinya.

 

IDENTITAS KITAB:

Judul Kitab  :  UMDATUS SALIK WA UDDATUN NASIK (old) (PDF)

Tebal            :    201  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!