Kitab - Uqudul Juman Ajurumiyyah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab216
PengarangImam Jalaluddin As-SuyuthiTahun Terbit Masehi/Hijriah1882 M (S)/1302 H
PenerbitSyaraf MusaFan/KategoriBalghoh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

kitab khusus sastra Arab yang membahas tentang Ilmu Ma'ani dan Bayan, karya Imam Jalaluddin As-Suyuthi. Ilmu yang disebut dengan Ilmu Balaghah ini harus dikuasai oleh siapapun yang hendak mengkaji sastra Arab. Dalam Syarah Nadham Uqudul Juman ini dijelaskan, sastra Arab sangat bermanfaat untuk mengetahui i'jazul qur'an (kemukjizatan Al-Qur'an), yang tanpa ilmu tersebut, kandungan Al-Qur'an tidak akan bisa digali lebih dalam. Bahkan, kamalul iman (kesempurnaan iman) atas Al-Qur'an tergantung pada penguasaan Ilmu Balaghah. (hlm: 3).

Ilmu Ma'ani dan Bayan disebut sebagai Ilmu Balaghah (Puncak), karena ilmu ini secara bahasa bisa digunakan sebagai alat untuk memhami bentuk-bentuk kalam (ucapan) fasih sehingga sesuai -minimal mendekati- dengan maksud dan tujuan mutakallim (yang mengucapkan), dan sesuai dengan konteks historis kalam itu diucapkan.
Makanya, setiap mufassir Al-Qur'an disyaratkan harus mengusai Ilmu Balaghah ini. Bahkan menjadi syarat mutlak seorang mujtahid (penggali hukum Islam). Tentu saja, untuk mempelajari Ilmu Balaghah ini harus sudah melampaui Ilmu Nahwu, Sharaf dan Manthiq. Semua ilmu bahasa Arab ini saling berhubungan.
Menguasai ilmu mana saja pastilah harus terlebih dahulu menguasai ilmu nahwu, sharaf dan juga Mantiq. Penjelasan dalam kitab uqudul Juman tidak berbelit-belit. Dan contoh-contoh yang diutarakan juga sangatlah mudah. Kitab uqudul Juman ini menjadi pembelajaran utama di berbagai pesantren di dunia.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab UQUDUL JUMAN AJURUMIYYAH, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat, dan kita bisa mengambil pelajaran darinya.

 

IDENTITAS KITAB:

Judul Kitab  :  UQUDUL JUMAN AJURUMIYYAH (PDF)

Tebal            :   196  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!