Kitab as Syatibiyyah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab26
PengarangAl Qosim bin Firoh bin Kholaf bin Ahmad as SyatibiyTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriUlumul Qur'an
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

  Kitab as Syatibiyyah merupakan kitab yang berupa kalam nadlom, yakni berupa bait-bait syi’ir yang indah yang menjelaskan tentang ilmu Qur`an, lebih spesifiknya membahas tentang qiro`ah sab’ah (tujuh bacaan al Qur`an). Kitab ini disusun oleh ulama ahli qiroah dari negara Andalus (sekarang Spanyol) yang bernama Al Qosim bin Firoh bin Kholaf bin Ahmad as Syatibiy.

Kitab ini berisi sekitar lima puluh halaman lebih yang terdiri dari seribu seratus tujuh puluh tiga bait/nadlom, diawali dengan muqoddimah, kemudian pembahasan diawali dengan bab isti’adah dan diakhiri dengan bab makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf). Tak lupa di halaman awal kitab ini juga dituliskan biografi singkat tentang penulis dan tabel penjelasan penggunaan symbol-simbol tertentu dalam kitab ini.

Nama sebenarnya beliau adalah al-Qasim bin Firruh bin Ahmad bin Khalaf bin Abu Qasim Muhammad al-Syatibiy al-Ru’ainiy al-Andalusiy al-Dhorir dan beliau bermazhab Syafi’i. Dilahirkan dalam keadaan buta pada akhir tahun 538 hijrah di Andalus (Sepanyol) disebuah perkampungan yang bernama Syatibah (sekarang dalam daerah Barcelona).

Di Syatibah beliau mempelajari al-Qur’an dan Qiraat daripada gurunya Abi Abdullah Muhammad bin Abi al-‘As al-Nafari. Kemudian beliau merantau ke Balansiah yaitu satu perkampungan yang berhampiran dengan Syatibah dan berguru dengan Ibn Huzail. Beliau mempelajari ilmu Qiraat dan telah menghafal kitab al-Taisir karangan Imam Abu ‘Amru al-Dani dan juga mempelajari ilmu hadisth.

· Kitab qiraat Syatiby

Salah satu karya beliau yang paling masyhur adalah kitab Khirzul amaani wa wajhu at-tahani  yang dikenal dengan nama lain  matan syatibiyah atau al Mandzumah al Syatibiyah.Seperti yang dijelaskan dalam muqodimahnya Kitab ini mengacu pada kitab al Taysir fi alQiraat al sab’ah karya Imam Abu Amr ad-Dany(444 H) dengan diberikan beberapa tambahan seperti makhraj huruf dan beberapa ketentuan lain,yang dinamai dengan ziyadah qashid ‘indal qura’.

Latar belakang penulisan kitabnya adalah untuk memudahkan pemahaman dan menguatkan hafalan karena berbentuk syi’ir.Kitab ini dibuat di Andalusia dan disempurnakan di Mesir.Masih dalam muqodimahnya,kitab ini mengumpulkan apapun yang mutawatir dari 7 imam qiraat,dan tidak mencantumkan qiraat syad,dan kemudian beliau menyusunnya dalam kasidah yang begitu indah.Kitab ini banyak sekali  yang mensyarahnya karena kemasyhurannya,dalam riwayat disebutkan ada belasan kitab syarah.Kemudian dengan inilah ramai dikenal dengan istilah thariqah Syatibiyah (Qiraah imam Hafs dari Ashim dengan thoriq Syatibiyah)


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!