Kitab - Al Ibanah An - Ushulid Diyanah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab280
PengarangAl-Imam Abu Hasan Al Asy’ariTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitDaar Ibnu ZaidunFan/KategoriAswaja
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Al-Imam Abu Hasan Al Asy’ari ketika aqidah  ummat muslim di zamannya perlu di luruskan, dan kembali pada sumbernya yang jernih, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. dalam kitab ini beliau menjelaskan tentang Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah.
Beliau adalah Al-Imam Abul Hasan Ali bin Ismail bin Abu Bisyr Ishaq bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin  Abu Burdah bin Abu Musa Al-Asy’ari Abdullah bin Qais bin Hadhar. Abu Musa Al-Asy’ari adalah salah seorang sahabat  Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam yang masyhur. Beliau -Abul Hasan Al-Asy’ari- Rahimahullah dilahirkan pada tahun 260 H di Bashrah, Irak. Beliau Rahimahullah dikenal dengan kecerdasannya yang luar biasa dan ketajaman pemahamannya. Demikian juga, beliau  dikenal dengan qana’ah dan kezuhudannya.

Di dalam kitab al-Ibanah memuat 77 halaman terdapat 16 bab yang membahas tentang pokok-pokok aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan di sertai dalil dari ayat-ayat Al-Qur’an serta contoh tanya jawab dari persoalan-persoalan tersebut. Dalam kitab ini imam Abu Hasan al-Asy’ari menetapkan sifat-sifat Allah khabariyyah seperti ketinggian Allah dan bagaimana konsekuennya beliau terhadap wahyu al-Qur’an dan hadits serta menolak perubahan makna. Dalam kitab ini juga, beliau tidak membahas masalah-masalah filsafat yang disebutkan dalam kitab al-Luma’.
Isi kitab  berkaitan dengan masalah yang sangat urgen bagi setiap muslim dalam kehidupannya. Berkaitan dengan masalah aqidah dan pokok-pokok agama sesuai dengan metodologi Ahli Sunnah wal Jama’ah seperti masalah ru‘yah (melihat Allah di akhirat kelak), ketinggian Alslah di atas ’arsy-Nya, dan sebagainya.

Terimakasih telah membaca Kita Al- IBANAH AN-USHULID DINIYAH,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

IDENTITAS KITAB:
Karya           :  Al-Imam Abu Hasan Al Asy’ari
Judul Kitab : Al- IBANAH AN-USHULID DINIYAH (PDF)
Tebal           :   77  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!