Kitab - Badzlul Ma'un fi Fadlit Tho'un

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab290
PengarangAl-Imam Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-AsqalaniTahun Terbit Masehi/Hijriah963 M (S)/383 H
PenerbitDaar al AshimahFan/KategoriSejarah
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani (w.852 H.) ummat islam pernah mengalami yang namanya wabah penyakit, musonnif menuliskan perjuangan masyarakat kala itu dalam melawan wabah thoun dan perbedaan para ulama dalam menyikapi permasalahan ini.

Pada halaman 328 disebutkan dalam kitab tersebut, dahulu pernah terjadi wabah tha’un yang besar yang menyerang kota Damaskus, 749 H. Agar wabah itu hilang, ummat Islam melakukan do’a bersama di tempat terbuka. Orang -orang Damaskus beserta pembesar-pembesarnya, pada keluar lapangan berdoa, meminta kepada Allah SWT. Namun, setelah saat itu, wabahtha’un malah semakin besar dan menjadi banyak. Sebelum mereka berkumpul untuk berdo’a bersama, wabah tersebut masih dalam skala kecil. Kejadian serupa pernah terjadi di kota Kairo, Mesir, 27 Rabiul Akhir, 833 H. Masyarakat di kota tersebut, melakukan inisiatif berdo’a bersama, agar wabah penyakit hilang dari kota tersebut. Akan tetapi wabah menjadi lebih parah, setelah mereka melakukan do’a bersama. Sebelum do’a bersama dilakukan, jumlah  yang meninggal, 40 orang. Setelah melakukan do’a dan salat istisqa bersama di lapangan terbuka, 4 Jumadil Ula. Belum sampai sebulan setelah kegiatan tersebut, jumlah yang meninggal khususnya di kota Kairo, dalam sehari, 1000-an orang.

Apa yang diceritakan Imam al-Hafidzibnu Hajar al-Asqalani, perlu menjadi pelajaran. Bahwa ketika terjadi wabah penyakit yang menular, kita harus mengurung diri dan jangan mendekati tempat keberadaan wabah tersebut, sekalipun untuk berdo’a bersama. Berdo’a bersama, merupakan suatu amalan yang baik. Akan tetapi dalam keadaan wabah penyakit menular yang liar tentu akan lebih banyak mafsadat (kerugian) yang akan didapatkan. Karena dalam ilmu qawaid fiqh, terdapat kaidah dar’ul mafasidi muqoddamun ala jalbilmasholihi (mencegah kerusakan/kerugian, diutamakan dari pada mendatangkan keuntungan /kebaikan).

Terimakasih telah membaca Kitab BADZLUL MA’UN FI FADLIT THO’UN,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:
Karya           :  Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani
Judul Kitab : BADZLUL MA’UN FI FADLIT THO’UN (PDF)
Tebal           :   444  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!