Kitab - Faidlul Hija - KH. Sahal Mahfudz

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab296
PengarangAhmad Sahal bin Abi Hasyim Muhammad Mahfudz Al HajainiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriAgama Dan kepercayaan
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

karya ulama nusantara yang banyak dijadikan referensi bacaan oleh masyarakat muslim di Indonesia, terutama para santri dan tokoh agama.
Karya Kyai Sahal seperti ditulis sendiri pada halaman judul kitab ini.
Nama lengkap Ahmad Sahal bin Abi Hasyim Muhammad Mahfudz Al Hajaini.
Lahir tanggal 17 Desember 1937 di Desa Kajen, Margoyoso, Pati. Seorang ulama asal Indonesia yang sangat alim dalam bidang fiqh. Beliau adalah ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tahun 2000 hingga 2014, beliau juga pernah menjabat sebagai Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada tahun 1999 hingga 2014.

kitab ini merupakan penjelasan dari Nailur Roja Syarah kitab Safinatun Naja karya Syaikh Salim bin Abdullah bin Sa’ad bin Sumair al Hadhrami, biasa disingkat Salim al Hadhrami, sistematika penulisannya mengekor kepada kitab Safinah. Termasuk nuansa fiqh dan tasawwuf yang melingkupinya. Telah maklum, Safinatun Naja adalah karya yang memadukan fiqh dan tasawuf. Dari judulnya, kitab ini adalah hasil curahan pikiran Kyai Sahal untuk membantu umat Islam menumpang kapal yang akan membawa mereka kepada keselamatan. Safinatun Naja yang berarti kapal keselamatan perlu diurai lagi karena isinya yang ringkas padat supaya orang-orang awam lebih mudah memperoleh tiket untuk menumpang kapal yang akan membawa mereka ke suatu tempat yang indah. Tempatnya Nabi, para sahabat, ulama-ulama salaf, dan orang-orang shalih. Kyai Sahal memulai torehan penanya dengan rukun Islam dan rukun iman beserta penjelasan masing-masing pembagiannya secara detail dan terperinci. Kemudian menjelaskan makna kalimat tauhid. Pemahaman mendalam terhadap kalimat “La Ilaha Illallah”.

Kemudian pembahasan masuk pada tanda-tanda seseorang telah masuk usia baligh. Lalu cara beristinjak dengan batu, bab wudhu, bab niat, yang mewajibkan mandi hadas, rukun-rukun mandi, syarat-syarat wudhu dan mandi, penyebab hadas, yang haram bagi orang yang berhadas besar maupun kecil, sebab-sebab seseorang boleh bertayammum, benda-benda najis yang bis suci sebab istilah, macam-macam najis, pembahasan haid dan seterusnya. Pada bagian akhir kitab , Kyai Sahal menuliskan sanad keilmuan beliau yang sampai kepada Imam Syafi’i. Dengan demikian, seperti ulama-ulama Nusantara pada umumnya, sanad keilmuan Kyai Sahal bersambung langsung kepada Imam Syafi’i melalui jalur guru-gurunya.

Terimakasih telah membaca Kitab  FAIDLUL HIJA – KH.SAHAL MAHFUDZ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya           :  Ahmad Sahal bin Abi Hasyim Muhammad Mahfudz Al Hajaini
Judul Kitab : FAIDLUL HIJA – KH.SAHAL MAHFUDZ (PDF)
Tebal           :   101  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!