Kitab - Risalah Syaikh Abu Bakar Syatha

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab305
PengarangSyaikh Abu Bakar bin SyathaTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/Kategoriibadah,Tafsir
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Abu Bakar Syatha atau lebih dikenal dengan panggilan Sayyid Al-Bakri lahir pada tahun 1266 H atau 1849 Masehi, dan wafat pada tahun 1310 Hijriyah atau bertepatan dengan 1892 Masehi. Beliau dilahirkan di Mekkah. Sayyid Bakri sudah menjadi yatim sejak masih sangat belia, ayah beliau meninggal dunia saat beliau baru berusia tiga bulan.

Kitab Risalah atau yang lebih dikenal kitab Risalah Syaikh Abu Bakar Syatho adalah kitab yang berisi risalah atau pesan tentang terkait hal yang berhubungan sholat jum’at yang telah disampaikan oleh Imam Syafi’i RA dalam qoul qadimnya. Selain itu kitab ini juga membahas syarat syarat sholat jum’at dan kebolehan kebolehan dalam sholat jum’at jika dinilai adanya hajat atau keperluan khusus dalam sebuah negara. Kitab sangat singkat dan tidak terlalu tebal (sekitar 15 halaman), meskipun begitu isi kitab sudah mewakili hukum hukum sholat jum’at menurut qoul qodim Imam Syafi’I secara lengkap.

Syaikh Abu Bakar bin Syatha berkata:

قوله: وسن إكثار فعل الخير فيهما أي في يوم الجمعة وليلتها، لما أخرجه ابن زنجوية عن ابن المسيب بن رافع قال من عمل خيرا في يوم الجمعة ضعف له بعشرة أضعاف في سائر الأيام، ومن عمل شرا فمثل ذلك اه. إرشاد العباد. ويقاس باليوم: الليلة، إذ لا فرق

Artinya: “Ucapan Syaikh Zainuddin; dan sunnah memperbanyak kebaikan di malam dan hari Jumat; karena riwayat Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Musayyab bin Rafi’, beliau berkata: ‘Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan 10 kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian. Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali.” (Hasyiyah I’anatut Thalibin)

Hari jum’at merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat muslim. Hari itu disebut sebagai Sayyidul Ayyam (rajanya hari) atau hari yang paling agung diantara hari hari lainnya, di hari itulah peristiwa-peristiwa besar dalam Islam terjadi seperti hari diciptikan dan diturunkannya Nabi adam ke bumi,perintah sholat jum’at, terjadinya hari kiamat dan lain seterusnya. Sholat jum’at merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan umat muslim laki laki di hari Jum’at.
Allah SWT memberikan keistimewaan khusus terhadap ibadah sholat jum’at seperti pengampunan dosa dan pahala yang berlipat ganda. Kendati demikian sholat jum’at memiliki beberapa ketentuan yang berbeda dengan sholat maktubah, seperti adanya khotib dan minimal jam’ah yang tidak kurang dari 40 orang mukmim.

Terimakasih telah membaca Kitab RISALAH SYAIKH ABU BAKAR SATYA, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya           : SYAIKH ABU BAKAR SATYA
Judul Kitab : RISALAH SYAIKH ABU BAKAR SATYA (PDF)
Tebal           :   15  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!