Kitab Al-Muhadzab Syairozi

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab31
PengarangAbu Ishaq Jamaluddin Ibrahim bin Ali bin Yusuf Al Fairuzzabadi Asy-Syairozi‎Tahun Terbit Masehi/Hijriah1996 M/1417 H
PenerbitDaar Al QolamFan/KategoriFiqh dan Qowaid Fiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Kitab al Muhadzab fi al Fiqh al Imam As Syafi’i merupakan kitab fan ilmu Fiqh. Dari nama kitab ini pembaca sudah bisa tahu bahwa kitab ini di dalamnya akan menjelaskan tentang hukum-hukum syariat khususnya yang bermadzhab Imam Syafi’i. Pengarang kitab ini adalah seorang ulama` besar kelahiran Iran ,lahir pada tahun 393 H/ 1003 M di sebuah desa kecil di Iran, tepatnya di Fairuzzabad Kota Jur sekitar 115 Km kearah selatan Syiroz, dari nama kota inilah nisbat As Syairoziy berasal, ulama terkemuka bermadzhab Syafi’i pada abad ke 5 Hijriyah. Nama beliau adalah Abu Ishaq Jamaluddin   Ibrahim bin Ali bin Yusuf Al Fairuzzabadi  Asy-Syairozi‎ . 


Kitab ini berjumlah 3 jilid dengan 3 tema pembahasan,  jilid 1 membahas tentang hukum ubudiyyah (fiqh ibadah) yang berjumlah sekitar 80 bab. jilid 2 membahas tentang hukum mu’amalah (fiqh transaksional) yang berjumlah sekitar 80 bab juga, dan jilid 3 membahas tentang hukum keluarga dan hukum pidana islam yang berjumlah sekitar 73 bab sehingga jumlahnya ada 233 bab.


Yang membuat kitab ini lebih menarik adalah disetiap babnya pengarang pasti mencantumkan dalil dasar pengambilan hukum baik dari al-Quran atau Sunnah, tentunya dilengkapi dengan catatan  terkait referensi pengambilan dalil tersebut. Secara terperinci kitab ini merupakan tanggapan atas perbedaan pendapat antara madzhab Syafi’i dan madzhab Hanafi. 

Sistematika pembahasan kitab ini seperti kitab – kitab fiqh pada umumnya, ringkasnya sebagai berikut:

1.Ubudiyah : Thoharaoh, Sholat, Jenazah, Zakat, Puasa, I’tikaf, Haji.

2.Muamalat : Buyu’, Gadai, Shuluh, Hiwalah, Dolman, Syirkah, Wakalah, Wadli’ah, ‘Ariyah, Ghoshob, Syuf’ah, Qirodl, Musaqoh, Ijaroh, Perlombaan, Ihyaul Mawat, Luqhathah, Laqith, Wakaf, Hibah, Wasiat, Perbudakan, Mukatab, Ummul Walad, Faroidl, Nikah, Mahar, Khulu’, Tholaq, Ila’, Dzihar, Li’an, Sumpah, Iddah, Penyusuan, Nafkah.

3.Jinayat : Diyat, Pemberontak, Peperangan, Hudud, Qodlo’, Persaksian, Iqrar.

‎Ciri Khas
Beberapa karakteristik kitab ini antara lain:

Perkataan mushonnif (قال في الحرملة / قال في البويطي) maksudnya Imam Buwaithi meriwayatkan qoulnya Imam Syafii dalam Kitab Buwaithi.

‎Assyairozi selalu menggabungkan  dalil naqli bersama dalil aqli, gaya ini sebagai ciri khas madzhab Syafii yang terkenal dengan Madzhab yang menggabungkan metode ahlurro’yi danahlul hadits. Kelebihan yang di miliki kitab ini menyebutkan dalil naqli dan aqli sekaligus. Setiap selesai menulis satu fasal As Syairozi selalu menunaikan sholat sunnah mutlaq.

Setiap permasalahan yang perlu dikaji dalam kitab ini, oleh As Syairozi dikaji ulang sampai seribu kali untuk mendapatkan hasil yang benar-benar sempurna.


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!