Kitab - Mauidhatul Mu'minin Min Ihya (Ringkasan dari kitab Ihya’ Ulumiddin)

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab316
PengarangImam Ghazali  dirangkum  Syaikh Muhammad Jamaluddin Al Qosimi Ad DamisyqiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriTasawwuf/ Akhlak
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Imam Ghazali  Yang dirangkum oleh beliau Syaikh Muhammad Jamaluddin Al Qosimi Ad Damisyqi . Syaikh Jamaluddin lahir pada waktu duha, tepatnya pada Senin, 8 Jumadal Ula 1283 H/1866 M di sebuah desa kecil, Qāsimi, Syam, Negara Suriah. Beliau meninggal pada Sabtu sore 23 Jumadilawal tahun 1332 H /18 April 1914 M dalam usia 48 tahun. (Ghofur, 2008:158). Beliau memulai meringkas  kitab pada tahun 1323 H/ 1905 M.

Kitab Mauidlatul Mukminin terdiri atas dua jiid, yang mana setiap jilid mewakili dua juz dalam Kitab Ihya (Kitab Ihya Ulumuddin terdiri dari 4 jilid). Pada jilid pertama terdapat 18 bab pembahasan, dimulai dari kata pengantar, khutbah kitab, kemudian dilanjutkan bab satu, dua, tiga hingga bab 18 yang di dalam setiap babnya terdapat beberapa fasal dan diakhiri dengan fahrasat (daftar isi). Kemudian pada jilid kedua terdapat 16 bab pembahasan, dimulai dari bab 19 sampai pada bab 34 (total keseluruhan bab) yang di dalam setiap babnya terdiri dari beberapa fasal dan diakhiri dengan fahrasat (daftar isi). Meskipun kitab tersebut murni sebuah ringkasan, akan tetapi pengarang tidak merubah tata urut pembahasan dengan kitab aslinya. Hanya saja dalam kitab ringkasan tersebut menggunakan kata yang lebih sederhana dan lebih mudah dipahami oleh masyarakat pada umumnya.

Adapun contoh peringkasannya, penulis akan mengambil pada Kitab Ihya jilid dua, kitab adab makan, bab pertama tentang adab personal yang memiliki tiga bagian. Bagian pertama, adab sebelum makan terdapat 7 adab: 1. Makanan yang disajikan hendaknya halal secara zat dan tayib atau baik cara memperolehnya; 2. Mencuci tangan; 3. Meletakkan wadah di tanah (tidak di meja atau tempat tinggi lainnya); 4. Mengatur posisi duduk; 5. Berniat atas makanan yang tersaji untuk mengisi kekuatan diri dalam menjalankan ketaatan; 6. Rida atas makanan yang tersaji; 7. Tidak makan sendirian. Dalam Kitab Mauidzoh, nomor 3 dan 4 tidak disebutkan.

Aqidah, Syari’ah dan Akhlak (Taswwuf) adalah tiga komponen terpenting dalam agama Islam. Aqidah merupakan suatu hal ang menyangku keimanan, Syariat menyangkut hal hukum dan Akhlak menyangkut perilaku dan budi pekerti. Ketiganya merupakan perihal penting dalam agama yang perlu diketahui oleh semua umat muslim. Imam Ghazali dalam hal ini telah membuat sebuah maha karya yang menjelaskan tiga hal tersebut secara luas dan detail dalam karyanya Ihya’ Ulumiddin. Kitab Ihya Ulumiddin ini merupakan kitab yang populer dan dikaji diberbagai negara termasuk Indonesia, sayangnya kitab ini cukup sulit untuk dipahami dan hanya orang yang pengetahuan agamanya baik yang dapat memahaminya. Hal ini memicu hati nurani para ulama untuk membuat kara yang lebih ringkas dengan tujuan agar masyarakat awam pun dapat memahaminya, seperti yang dilakukan  Syaikh Muhammad Jamaluddin Al Qosimi Ad Damisyqi  melalui karyanya Mauidhatul Mu'minin.

Terimakasih telah membaca Kitab Mauidhatul Mu'minin Min Ihya ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya           :  Imam Ghazali  Yang dirangkum  Syaikh Muhammad Jamaluddin Al Qosimi Ad Damisyqi
Judul Kitab : MAUIDHATUL MU’MININ  MIN  IHYA (PDF)
Tebal           :   487  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!