Kitab An-Nisa'ul Muhadditsat

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab32
PengarangDr. Aminah Muhammad Jamal al-DinTahun Terbit Masehi/Hijriah2003 M/1423 H
PenerbitDaar Al HidayahFan/KategoriSejarah
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

 

Kitab An Nisa`ul Muhadditsat fil Ashril Mamluki merupakan salah satu kitab tentang sejarah dan sastra, khususnya tentang sejarah perkembangan intelektual wanita pe-rawi hadist Nabi Muhammad SAW. Dalam kitab ini penulis berhasil menemukan wanita-wanita pakar hadist pada abad ke 7 dan 8 Hijriyah (abad 13-14 Masehi) di Era Mamluk baik di Negara Mesir atau Syam.
Buku ini disusun oleh Dr. Aminah Muhammad Jamal al-Din, seorang Guru Besar di Universitas Ainu Syams Mesir.
Penulis berhasil menemukan lebih dari 220 wanita dalam kurun waktu 2 abad yang mampu memimpin dalam mengajarkan hadist Nabi baik kepada wanita mupun pria dan juga merupakan gerakan besar dari mereka yang mampu mengorganisir semua cabang kehidupan ilmiah dan intelektual di era itu.
Sebagian besar para wanita ini disebut sebagai ahli penulis, cendekiawan dan pemikir termuka.

Melalui tiga babnya, kitab ini mencoba menyoroti fenomena unik ini, dan menunjukkan kontribusi perempuan untuk mencapai kemakmuran dalam kehidupan intelektual dan ilmiah bangsa, memberdayakan pengetahuan dasar yang menjadi sandaran budaya, dan membangun tradisi ilmiah yang kokoh yang berlaku untuk setiap cabang aktivitas manusia.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab An-Nisa'ul Muhadditsat yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat.


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!