Kitab Al- Akhlaq Lil Banat Juz 1

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab337
PengarangSyaikh Umar bin Achmad BaradjaTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMaktabah Muhammad Ibn Ahmad Nabhan wa Awladah SurabayaFan/KategoriAkhlak
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya  Syaikh Umar bin Achmad Baradja. Tempat Lahir Kampung Ampel Maghfur . Lahir, 10 Jumadil  Akhir 1331 Hijriyah / 17 Mei 1913 M. Wafat : Sabtu, 16 Rabiust tsani 1411 Hijriyah/3 November 1990. Beliau tutup usia umur 77 tahun di RS Islam Surabaya, menurut beberapa keterangan tepat pukul 23 lebih 10 menit.

Pada juz satu secara garis besar berisi bagaimana cara membentuk akhlak yang baik, contoh perilaku akhlak yang baik. 
Memperkenalkan Allah pada anak, memperkenalkan Nabi dan Malaikat Allah dalam artian bahwa Allah-lah yang menciptakan alam semesta ini untuk kita manfaatkan, sebagai sarana menyembah dan bertakwa kepada Allah. Menerangkan tentang taat terhadap perintah Allah dan menjauhi segala larangan-larangan Allah, menerangkan tentang akhlak kepada orang tua, bagaimana akhlak kepada guru, bagaimana sikap kita terhadap orang yang lebih muda dan lebih tua, dan bagaimana sopan santun kita ketika kita bertetangga, berteman. Pada bagian akhir juz pertama diterangkan sopan santun murid ketika dia menerima pelajaran dari guru dan diakhri dengan nasihat yang ditujukan untuk umum (masyarakat).

Dari sekian banyak kitab pesantren yang mengupas tuntunan hidup berakhlak secara rinci dan mudah dicerna oleh anak-anak perempuan adalah kitab Akhlak Lil Banat.
Pasalnya, kitab ini memang dikemas khusus untuk seumuran anak-anak. Pada kitab Akhlak Lil Banat juz 1 juga secara khusus memberikan tuntunan hidup yang baik dan beradab bagi anak-anak perempuan. Sekiranya para orang tua dapat menjadikan panduan kitab ini sebagai bacaan wajib anak-anak perempuannya. Jika memang anak perempuannya belum dapat membaca kalimat bahasa Arab, sebagaimana dalam kitab ini, maka orang tua bisa memberikan terjemahan bahasa Indonesianya.

Kitab yang ditulis oleh Syaikh Umar Ahmad Baradja ini penting bagi para pendidik (atau juga orang tua, karena beliau pun mendidik anak-anak perempuannya di rumah) untuk diajarkan kepada anak-anak perempuan. Sebagaimana ditegaskan oleh penulisnya, bahwa pelajaran akhlak yang ada di dalam kitab ini akan menjadi bekal anak-anak perempuan kelak ketika sudah besar. Kebahagiaan anak-anak perempuan kelak di masa tuanya tergantung sejauh mana ia didik di masa kecilnya.

Terimakasih telah membaca Kitab Al- Akhlaq Lil Banat Juz 2,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya            :  Syaikh Umar bin Achmad Baradja
Judul Kitab   :  AL- AKHLAQ LIL BANAT JUZ 1  (PDF)
Tebal            :   44 halaman (PDF)
Penerbit      : Maktabah Muhammad Ibn Ahmad Nabhan wa Awladah Surabaya

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!