Kitab - Al-Ahkam As-Sulthaniyyah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab47
Pengarangal-MawardiTahun Terbit Masehi/Hijriah2000 M/1421 H
PenerbitDaar Al Kutub al ImiyahFan/KategoriPolitik
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

AL - AHKAM  AS-SULTHANIYYAH (Hukum-hukum Kekuasaan)  kitab fan Politik dan Tata Negara Islam yang begitu fenomenal.
Buah pikir Al-Mawardi tentang ilmu politik itu telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Dalam kitab inilah, pemikiran dan gagasan Al-Mawardi tentang politik tercurah dengan begitu jelas. Tak hanya berlaku pada masanya, prinsip-prinsip politik kontemporer dan kekuasaan yang dicetuskannya hingga kini masih tetap menjadi wacana yang menarik diperbincangkan bahkan diperdebatkan.

Kitab ini secara garis besar ini memuat hukum-hukum yang sangat dibutuhkan oleh para penguasa, khususnya khalifah dan jajarannya. Selain dibutuhkan oleh aparatur pemerintah sebagai rujukan untuk menjalankan tugas dan kewajiban mereka, juga menjadi pegangan masyarakat untuk mengetahui hak dan kewajiban para penguasa atas diri mereka. Dengan begitu, mereka mempunyai pedoman untuk melakukan check and balance. 
Kitab Al-Ahkam Al-Shultaniah juga mengkaji masalah imam shalat, zakat, fa’i, ghanimah (rampasan perang), ketentuan pemberian tanah, ketentuan daerah-daerah yang berbeda status, hukum seputar tindak kriminal, fasilitas umum, penentuan pajak dan jizyah, masalah protektorat, dan masalah dokumen negara dengan begitu lengkap dan detail.

Selain terdapat perintah jihad kepada orang kafir, masih ada tiga jenis jihad lainnya, yakni jihad untuk memerangi orang murtad, jihad melawan para pemberontak (bughat), dan jihad melawan para pengacau keamanan. Kitab Al-Ahkam As-Sulthaniyyah ini merupakan karya monumental Al-Mawardi yang kuat diyakini ditulis atas permintaan Khalifah Al-Qaim bi Amrillah (422467 H). Buku Menariknya, dalam kitab ini al-Mawardi sama sekali tidak terpengaruh oleh teori-teori Socrates, Plato, Aristoteles atau filsuf Yunani lainnya. Padahal, ketika itu pemikiran mereka sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.
Dalam penulisannya, beliau berpijak pada Al-Qur'an, As-Sunnah, ijma dan qiyas sebagaimana dalil yang lazim digunakan di kalangan madzhab Syafi’i.
Selain itu, beliau juga menjelaskan berbagai pandangan madzhab yang berkaitan dengan sistem pemerintahan Islam ini. Istimewanya lagi, buku al-Ahkam as-Sulthaniyyah ini menjadi rujukan penting karena selain penulisnya yang merupakan seorang mujtahid, juga adalah pelaku sejarah.

Istimewanya lagi, buku ini merupakan tulisan yang paling awal membahas tentang sistem Negara Khilafah sekaligus menjadi dokumen autentik penerapan sistem pemerintahan Islam di dalam Negara Khilafah, pada era Khilafah Abbasiyyah. 

 

Dalam kitab Ahkam sulthoniyyah ini terdapat 19 Bab pembahasan yang cukup lengkap tentang bagaimana tata negara Islam itu dibentuk dan diterapkan.

Ahkam Sulthoniyah BAB 1 : Pengangkatan kepala negara

Ahkam Sulthoniyah BAB 2 : Pengangkatan menteri

Ahkam Sulthoniyah BAB 3 : Pengangkatan gubernur provinsi

Ahkam Sulthoniyah BAB 4 : Pengangkatan pimpinan jihad

Ahkam Sulthoniyah BAB 5 : Pemimpin polisi dalam begeri

Ahkam Sulthoniyah BAB 6 : Jabatan hakim (QODHI)

Ahkam Sulthoniyah BAB 7 : Jabatan Mazhalim

Ahkam Sulthoniyah BAB 8 : Perwakilan keluarga terhormat

Ahkam Sulthoniyah BAB 9 : Imam imam Sholat

Ahkam Sulthoniyah BAB 10 : Pimpinan ibadah haji

Ahkam Sulthoniyah BAB 11 : Petugas pemungut zakat

Ahkam Sulthoniyah BAB 12 : Pembagian rampasan perang dan Fa’i

Ahkam Sulthoniyah BAB 13 : Penentuan jizyah dan kharaj

Ahkam Sulthoniyah BAB 14 : Wilayah wilyah yang memiliki hukum tertentu

Ahkam Sulthoniyah BAB 15 : Mengelola tanan dan mengeksplorasi air

Ahkam Sulthoniyah BAB 16 : Tanah yang dilindungi

Ahkam Sulthoniyah BAB 17 : Hukum iqtha’

Ahkam Sulthoniyah BAB 18 : DIWAN (administrasi negara dan aturan-aturannya)

Ahkam Sulthoniyah BAB 19 : Ketentuan ketentuan tentang kriminalitas

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Ahkam Sulthaniyah, yang bisa kami bagikan. semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : AL - AHKAM AS - SULTHANIYYAH  (PDF)
Tebal           :   333  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!