Kitab - Dahlan Alfiyah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab48
PengarangSyekh Ahmad Zaini DahlanTahun Terbit Masehi/Hijriah1960 M (S)/1310 H
PenerbitMatbah AL Miriyah al KainahFan/KategoriBahasa
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

DAHLAN ALFIYAH Kitab fan ilmu bahasa yakni gramatika Bahasa Arab, lebih spesifiknya membahas tentang nahwu dan shorof.
Kitab ini disusun oleh  Syaikh Ahmad Zaini Dahlan, seorang Ulama terkemuka juga Mufti Makkah yang bermadzhab Syafi’i.
SAYYID AHMAD ZAINI DAHLAN Adalah salah seorang "Syaikhul Islam" yang ilmu dan dakwahnya menyebar ke seluruh penjuru dunia. la merupakan pengajar terkemuka di Masjidil haram yang kala itu menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan Islam. Murid-muridnya datang dari berbagai belahan dunia. Sayyid Ahmad Zaini Adalah keturunan " Quthb Rabbany" Syaikh Abdul Qadir al Jailani.

NASAB SELENGKAPNYA adalah Ahmad bin Zaini Dahlan bin Ahmad Dahlan bin Utsman Dahlan bin Nikmatullah bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abdullah bin Utsman bin Athaya bin Faris bin Mustafa bin Muhammad bin Ahmad bin Zaini bin bin Abdul Qadir bin Abdul Wahab bin Muhammad bin Abdur Razaq bin Ali bin Ahmad bin Al Hasan bin "Sulthanul Auliya” Syaikh Abdul Qadir Al Jailani Al Hasani bin Abu Shalih Musa bin A sayyid Abdullah al Jili bin As Sayyid Yahaya az-Zahid bin As Sayyid Muhammad bin As Sayyid Dawud bin As Sayyid Musa bin As Sayyid Abdullah bin As Sayyid Musa al Jaun bin As Sayyid Abdullah al Mahd bin As Sayyid Al Hasan al Muthanah bin Al imam Hasan r.a bin imam al Masyariq wa al Mangharib, Sayyid Ali bin Abu Thalib r.a, dan Sayyidina Fatimah az Zahra r.a binti Khatam an Nabiyyin Habib Rabbi al alamin Sayyid Wa Maulana Muhammad bin Abdillah Nurin min nurillah Allahumma Shalli wa salim wa Barik alaihi.

PENDIDIKAN 
salah Satu murid terkemuka Sayyid Ahmad sayyid Bakrie bin Muhammad Satho Al Makkiyyi  penulis Hasyiyah "Ianatut Thalibin” mencatat dalam kitabnya “I Nafkhah Ar Rahman” bahwa Sayyid Ahmad dilahirkan di kota Makkah pada Tahun 1232 Hijriyah. la mendapatkan pendidikan dasar dari ayahandanya sendiri sampai berhasil menghafalkan Al Quran dan beberapa kitab matan Alfiyah Zubad dan lain-lain. Kemudian ia menuntut ilmu di Masjidil Haram kepada beberapa Syaikh. Al Allamah Syaikh Utsman bin Hasan Ad Dimyathi al Azhari merupakan "Syaikh Futh” yang banyak memepengaruhi dirinya. Sayyid Ahmad pernah mendapatkan ijazah dan ilbas dari Habib Muhammad bin Husein Al Habsyi, mufti Makkah. la juga mendapatkan sanad dari Habib Umar bin Abdullah al Jufri dan Habib Abdur Rahman bin Ali Assegaf. Sebagai ilmuwan sejati ia mendalami fiqh Mazhab Imam Hanafi kepada Al Allamah Sayyid Muhammad Al Katbi. Tetapi tidak hanya fiqh Mazhab Hanafi. Pada Akhirnya ia mampu menguasai empat mazhab dengan sempurna. Setiap kali ada pertanyaan ditujukan kepadanya, ia senantiasa menjawab dengan dasar empat mazhab tersebut
Kitab ini termasuk dalam lingkup spesialisasi ilmu bahasa dan terkait erat dengan cabang lain seperti puisi, kaidah gramatikal, morfologi, sastra, retorika, dan sastra Arab.

Kitab ini merupakan kitab penjelas (syarah) kitab nahwu yang sangat terkenal dan fenomenal di seluruh dunia yaitu kitab Al Fiyyah karangan Syaikh Abdullah Jamaludin Muhammad bin Abdullah bin Malik. Kitab ini juga disebut dengan nama al Azhar az Zainiyyah.
Dalam kitab ini penulis memberikan penjelasan (syarh) dari setiap nadlom kitab Alfiyah, mulai dari nadlom pertama sampai dengan nadlom ke 1002. Penulis juga mengutip beberapa kata kunci dari setiap nadlomnya untuk diperjelas dan diberikan keterangan tambahan. Sebagaimana kitab asalnya kitab ini diawali dengan pengantar dari penulis kemudian diawali dengan bab Kalam dan ditutup dengan bab Idghom.
Kitab ini memuat 202 halaman, dilengkapi dengan kitab Bahjatul Mardliyyah fi Syarhil Alfiyah.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Dahlan Alfiyah, yang bisa kami bagikan.Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : DAHLAN ALFIYAH  (PDF)
Tebal           :   237  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!