Kitab Al-Muqtathofat Li Ahlil Bidayat

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab506
PengarangKH. Marzuki MustamarTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriAqidah Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja)
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur.
Pedoman bagi masyarakat jika suatu ketika ada pihak-pihak yang tidak suka dengan tradisi seperti tahlil, maulid, ziarah kubur, tawassul dan lain sebagainya.
Kitab  "Al-Muqtathofat li Ahlil Bidayat” ( catatan untuk para pemula ) memuat banyak dalil dan argumentasi untuk tradisi keislaman khususnya di Indonesia. Tidak lain untuk menyelamatkan masyarakat yang kerap mendapat tudingan sesat, sekaligus menyadarkan pihak-pihak tertentu agar tidak mudah mengkafirkan orang lain.

Dalam penyusunan kitab ini  benar benar memang murni hadis Nabi bukan penafsiran beliau.
Ada empat sistematika yang biasanya di gunakan oleh para ulama dalam menulis kitab hadis, dan  Kyai Marzuki memilih menggunakan metode sahih dan sunan. Dalam metode ini, beliau membagi beberapa bab dan setiap bab diberi judulnya masing-masing.

Bagian awal di lengkapi dengan muqadimah, selanjutnya bagian isi kitab yang memuat  sembilan bab dan diawali dengan bab fadhilah al-Quran, surat-surat, ayat-ayat dan ditutup dengan bab mengenai pembukaan Undang-undang Dasar Jam’iyah Nahdhatul Ulama. Dalam karya Kyai Marzuki Mustamar ini terdapat dua poin penting: Pertama, dari No-1 sampai No-8 terdapat 352 hadis yang dicantumkan beliau seperti yang tertera di atas.  Kedua, khusus untuk No-9, di sini hanya terdapat ayat Al-Quran sebanyak 33 ayat dan beliau tidak mencantumkan satupun hadis pada bagian nomor 9.

KH Marzuki, tidak hanya menuliskan tentang sembilan poin di atas akan tetapi beliau menambahkan beberapa penjelasan yang berhubungan dengan an-Nur Sunnah Wal Jamaah atau KeAswajaan.

Terimakasih telah membaca Kitab Al-Muqtathofat Li Ahlil Bidayat , di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Al-Muqtathofat Li Ahlil Bidayat  (PDF)

 

PENULIS              

:

KH. Marzuki Mustamar

 

 

PENERJEMAH   

:

------------

     

 

PENERBIT           

:

     

 

TAHUN                

:

--- M / ---H

       

 

Tebal                  

:

127 halaman (PDF)

       

 

                         

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!