Kitab - Ajwibah Ibnu Hajar

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab52
PengarangIbnu HajarTahun Terbit Masehi/Hijriah2003 M/1423 H
PenerbitMaktabah Adwau As SalafFan/KategoriTanya Jawab Hukum
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

AJWIBAH IBNU HAJAR Karya Ibnu Hajar Al Asqalani, lahir di Mesir tahun 773 H, wafat tahun 852 H di negeri yang sama. Seorang hafidz, muhadits, sekaligus faqih bermadzhab Syafi’i. Beliau dikenal penulis Fathul Bari (Syarh Sahih Bukhari), Bulughul Maram, Lisanul Mizan, dan lain - lain.

Nama lengkap Beliau Al Imam Al ‘Allamah al Hafizh Syihabuddin Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Hajar, Al Kinani, Al ‘Asqalani, Asy Syafi’i, Al Mishri. Kemudian dikenal dengan nama Ibnu Hajar, dan gelarnya “Al Hafizh”.

Kitab berisikan jawaban Ibn Hajar atas berbagai persoalan yang di pertanyakan oleh sejumlah muridnya. Pertanyaan tersebut diajukan oleh murid-murid melalui tulisan tangan yang dikirim dari berbagai wilayah,ada permintaan fatwa misalnya yang datang dari Makkah dan Baitulmaqdis, sementara Ibnu Hajar kala itu berdomisili di Mesir. Berbagai pertanyaan itu dikumpulkan per kategori dan dikirimkan secara kolektif.

Ada tiga pengirim utama dari kumpulan itu yaitu Syamsuddin bin Muhammad bin al-Khidir al-Mishri, Umar bin Fahad al-Hasyimi al-Makki, dan Zainuddin Ridlwan bin Muhamad bin Yusuf al-Aqabi. Namun demikian, di kitab yang sama, akan didapati pula sisi kerendahan hati Ibn Hajar. Meskipun terkenal mahir menguasai ilmu agama tetapi tak membuatnya enggan bertanya kepada sang guru.

Di bagian lain kitab ini di sertakan pula pertanyan-pertanyaan Ibnu Hajar kepada gurunya, al-Hafidz al-Iraqi.

Berbeda dengan kategori pertama, di bagian kedua tidak didapati keterangan ihwal identitas penanya. Bagian kedua dijelaskan tentang sejumlah permasalahan meliputi misalnya,  hukum dan derajat hadis tertentu  atau pun meminta arahan terkait makna hadis itu sendiri. Di antara isu yang ditanyakan kepada Ibnu Hajar adalah jumlah keseluruhan Nabi, siapa sajakah nama mereka, dan berapa total yang diutus sebagai Rasulullah SAW dari mereka.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Ajwibah ibnu hajar, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.


IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : AJWIBAH IBNU HAJAR (PDF)
Tebal           :   173 halaman (PDF)

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!