Kitab Al-Matnus Syarif al-Mulaqqab bi Fat-hil Latif

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab533
PengarangAl-Alamah as-Syaikh Muhammad Kholil bin Abdul Latif Al-BangkalaniTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMaktabah Kholid bin Ahmad bin NabhanFan/KategoriFiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya ulama Nusantara, Al-Alamah as-Syaikh Muhammad Kholil bin Abdul Latif Al-Bangkalani atau yang lebih dikenal dengan Syaikhona Kholil Bangkalan. Sesuai namanya, kitab ini merupakan kitab matan (inti) yang berbicara mengenai fundamen dasar hukum Islam (ilmu fiqih). Yang menarik dari kitab setebal 52 halaman ini, bukan hanya karena ketokohan penulisnya, melainkan kitab ini telah menampilkan ‘landscape’ keilmuan yang selama ini terkesan rumit, menjadi demikian lugas dan pastinya, mudah difahami.

Mengusung tema besar yang menyangkut keabsahan peribadatan seorang hamba. Dalam hal ini, Syaikhona Kholil, sebagaimana penulis-penulis kitab dengan tema serupa memulai pembahasaan dengan mengurai tuntutan bersuci (thaharah). Yang tak lain, merupakan tahapan pertama sebelum melangkah ritus ibadah berikutnya (h. 6-14). Setelah itu, beliau menuturkan prasyarat sebelum menjalankan shalat berikut permasalahannya. Pun demikian, beliau menampilkan syarat-rukun, kesunahan, dan juga aturan-aturan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan predikat ibadah paripurna. Penjelasan berikutnya, beliau menyajikan permasalahan merawat jenazah (tajhizul janaiz), puasa romadlon, i’tikaf dan diakhiri dengan risalah haji dan umroh.

 

Dan pada akhirnya, kitab ini berhasil menjembatani kesukaran dalam memahami literatur keislaman, utamanya dalam (proses) mempelajari ilmu fiqih. Dan tentunya, hadirnya kitab ini merupakan langkah nyata wujud kepedulian Syaikhona Kholil pada generasi setelahnya. Kitab yang rampung ditulis pada malam Rabu 17 Rajab 1299 hijriyah ini, setidaknya semakin melengkapi ‘lumbung’ keilmuan yang di dalamnya berisi harapan terciptanya generasi pembelajar di kemudian hari. Wallahu a’lam!

Terimakasih telah membaca Kitab  Al-Matnus Syarif al-Mulaqqab bi Fat-hil Latif ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Al-Matnus Syarif al-Mulaqqab bi Fat-hil Latif  (PDF)

 

PENULIS              

:

Al-Alamah as-Syaikh Muhammad Kholil bin Abdul Latif Al-Bangkalani

 

 

PENERJEMAH   

:

------------

     

 

PENERBIT           

:

Maktabah Kholid bin Ahmad bin Nabhan

   

 

TAHUN                

:

---- M / -----H

       

 

Tebal                  

:

52 halaman (PDF)

       

 

                         

 

Peresensi : M. Achfas Afandi, kader NU; santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!