Kitab Tafsir Munir Juz 2 (Marah Labid li Kasffi Ma’na Al-Qur’an al-Majid)

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab552
PengarangSyaikh Nawawi Al BantaniTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriTafsir
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syaikh Nawawi Al Bantani  bernama lengkap Muhammad bin Umar bin Arabi bin Ali Al-Jawi Al-Bantani. Beliau lebih dikenal di kalangan pesantren dengan sebutan Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani atau Syaikh Nawawi al-Bantani. Namanya diambil dari nama seorang penulis textbook dalam mazhab Syafi’i dan dengan mengambil nama tersebut beliau juga menghormati pelopornya. Syaikh Nawawi adalah putra Kyai Umar—seorang pejabat penghulu yang memimpin masjid, sedangkan ibunya bernama Zubaedah—seorang ibu rumah tangga biasa.

Beliau merupakan anak sulung dari tujuh bersaudara, yaitu Ahmad Syihabudin, Tamim, Said, Abdullah, Tsaqilah dan Sariyah. Syaik Nawawi lahir di kampung Tanara, Banten—sekarang masuk dalam kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang—pada tahun 1813 M atau 1230 H. Dari silsilahnya, Syaikh Nawawi merupakan keturunan kesultanan yang ke-12 dari Maulana Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati, Cirebon), yaitu keturunan dari Putra Maulana Hasanuddin (Sultan Banten I) yang bernama Sunyararas (Tajul ‘Arsy). Nasabnya bersambung dengan Nabi Muhammad saw. melalui Imam Ja’far As-Shadiq, Imam Muhammad Al-Baqir, Imam Ali Zain Al-Abidin, Sayyidina Husain, Fatimah Al-Zahra. Nawawi menikah dengan Nyai Nasimah, gadis asal Tanara, Serang dan dikaruniai 3 orang anak bernama Nafisah, Maryam dan Rubi’ah.

Di Indonesia banyak ulama tafsir belasan, bahkan puluhan yang tercatat dalam sejarah. Karya-karya mereka menghiasi Nusantara, sebut saja ‘Abd al-Ra’uf al-Sinkili (1615-1693 M) ulama tafsir abad ke-17 yang menulis tafsir Turjuman al-Mustafid yang merupakan kitab tafsir lengkap 30 juz pertama. Lalu di penghujung abad ke-18, muncul Syaikh Nawawi al-Bantani (1813-1879 M) dengan tafsir Munir atau yang terkenal dengan nama Marah Labid li Kasffi Ma’na Al-Qur’an al-Majid.

Latar Belakang Penulisan Kitab Marah Labid

Marah Labid karya Syaikh Nawawi al-Bantani adalah kitab tafsir nusantara kedua yang ditulis lengkap 30 juz setelah tafsir Turjuman al Mustafid karya Syekh Abdurrauf as-Sinkili (1693). Kitab ini terdiri dari dua jilid. Jilid pertama dari surah Al Fatihah sampai Al Kahfi berjumlah 486 halaman, sedangkan jilid kedua terdiri dari surah Maryam sampai surah An-Nas berjumlah 476 halaman.

Terimakasih telah membaca  Kitab Tafsir Munir Juz 2,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Tafsir Munir Juz 2   (PDF)

 

PENULIS              

:

Syaikh Nawawi Al Bantani

 

 

PENERJEMAH   

:

-------

     

 

PENERBIT           

:

-------

   

 

TAHUN                

:

----- / -----H

       

 

Tebal                  

:

476 halaman (PDF)

       

 

                         

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!