Kitab Faidhul Asani Kyai Sya'roni

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab59
PengarangKH Muhammad Sya’roni ahmadyTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMuhammad Sya'roni (Muallif)Fan/KategoriUlumul Qur'an
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

FAIDHUL ASANI KYAI SYA'RONI  Nama lengkap kitab Faidhul Asani Ala Hirzil amani wa wajhit Tahani, karya dari KH Muhammad Sya’roni ahmady dan merupakan salah satu kitab popular yang menjadi rujukan dalam bidang ilmu Qiroat Al Qur’an di Indonesia.
KH. Sya’roni Ahmadi Ulama kharismatik dari Kudus. Beliau lahir dan tumbuh dewasa di Desa Kauman Menara Kudus, terkadang ada orang yang bilang di daerah Damaran. Karena memang letak rumah KH. Sya’roni Ahmadi berdekatan dengan desa Damaran kec. Kota, Kabupaten Kudus. Beliau lahir pada 17 Agustus 1931, tepat dengan kemeriahan perayaan hari kemerdekaan NKRI. Ayah beliau Bernama Kiai Ahmadi dan ibu beliau Bernama Nyai Hj. Masnifah, mereka mempunyai delapan anak yang mana Kiai Sya’roni salah satu di antara mereka.

Secara garis besar sumber kitab mengacu pada kitab matan Hirzul Aamani wa Wajhit Tahani karya Imam Qasim bin Firruh Asy-Syathibi (Imam Syathibi), seorang pakar Ilmu Qiraat dari Andalusia, tepatnya dari Xativa, sebuah kota di Propinsi Sevilla, Spanyol. 
 kitab ini menjelaskan tentang ragam Qiraat Al Qur’an mutawatir yang diriwayatkan oleh para imam qiraat sebagaimana kitab matannya. Penulis membahas secara detail makna dari Qosidah yang ditulis oleh Imam Asy Satibi dalam kitab matannya dengan makna yang lebih luas. Kitab ini ditulis dengan gaya bahasa yang baik sehingg mudah untuk dipahami.

Penjelasan dalam kitab Faidhul Asani membuat bait-bait Qashidah Matan Syathibi yang ditulis dengan bahasa yang singkat dan padat (ijaz) menjadi lebih mudah untuk dipahami. Keberadaan Faidhul Asani yang ditulis oleh Simbah Kiai Sya’rani menambah kekayaan khazanah kajian Ilmu Qiraat, utamanya di Nusantara. Hal ini memberikan secercah harapan dan dorongan kepada para santri Nusantara, supaya mau meneruskan usaha para Ulama terdahulu dengan mengkaji Ilmu Qiraat yang akhir-akhir ini sudah jarang dipelajari.

وَخَيْرُ جَلِيْسٍ لَا يُمَلُّ حَدِيْثُهُ :: وَتَرْدَادُهُ يَزْدَادُ فِيْهِ تَجَمُّلَا

“(Al-Qur’ani) Sebaik-baik teman duduk yang tidak pernah jemu mendengar ucapannya.

Semakin diulang-ulang semakin bertambah-tambah keindahannya.”

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Mujarobat  Faidhul Asani Ala Hirzil amani wa Wajhit Tahani yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:

Judul Kitab :  FAIDHUL ASANI (PDF)

Tebal           :   79 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!