Kitab Tafsir Al-Khatib Al-Makki

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab714
PengarangSyekh Abdul Hamid KhatibTahun Terbit Masehi/Hijriah1947 M/1366 H
PenerbitMusthafa Al-Babi Al-Halabi di KairoFan/KategoriTafsir
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syekh Abdul Hamid Khatib.
Dengan nama lengkap ‘Abd Al-Hamid ibn Ahmad Al-Khatib ibn ‘Abd Al-Lathif Al-Minangkabawi Al-Makki, lahir pada 13 Juli 1898 [Kalender Hijriyah: 24 Safar 1316- 1898 M]- wafat meninggal pada 29 Agustus 1961 [Kalender Hijriyah: 18 Rabiulawal 1381- 1961 M], cendikiawan sekaligus diplomat Saudi Arabia. Beliau merupakan putra dari Ahmad Khatib Al-Minangkabawi (1852-1916 M), seorang imam dan khatib di Masjidil Haram sekaligus mufti Mazhab Syafi'i.

Kitab ini berisi tafsir Al-Qur’an dengan menitikberatkan ke makna secara kebahasaan, penekanan secara substansi, hukum, istinbath dalil, dan metode pemahaman setelah merujuk kepada tafsir-tafsir yang ma'ruf, atau terkenal di dalam dunia Islam.

Keberadaannya kian melengkapi khazanah intelektual ulama Nusantara di Timur Tengah. Kitab tafsir ini pun menjadi penyanding “Tafsir Marah Labid” atau “Tafsir Munir”, sebuah kitab tafsir yang ditulis dalam bahasa Arab oleh Syekh Nawawi Al-Bantani (w. 1897 M) sekitar tiga perempat abad sebelumnya.

Ketika menuliskan kitab tafsirnya ini, Syekh Abdul Hamid Khatib berstatus sebagai pengajar di Masjid Al-Haram di Mekkah. Rumahnya ramai oleh para pelajar yang mengaji ilmu-ilmu keagamaan, khususnya mereka yang berasal dari negeri Jawi (Nusantara).

 

Terimakasih telah membaca Kitab Tafsir Al-Khatib Al-Makki, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

 

 

           
   

 

           

 

JUDUL                  

:

 

Kitab Tafsir Al-Khatib Al-Makki (PDF)

 

PENULIS              

:

 

Syekh Abdul Hamid Khatib

 

 

PENERJEMAH   

:

 

-

     

 

PENERBIT           

:

 

Musthafa Al-Babi Al-Halabi di Kairo

   

 

TAHUN                

:

 

  1947 M /1366 H

       

 

TEBAL                  

:

 

218 Halaman (PDF)

       

 

                           

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!