Kitab Risalah Fi Ilmi Al-Mantiq Ala Thariqati Su'al wal Jawab

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab717
PengarangSyekh Muhammad Yasin bin Isa Al-FadaniTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriTasawwuf/ Akhlak
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syekh Muhammad Yasin bin Isa Al-Fadani, yang memiliki nama asli Hadhratusy Syekh Abu Al-Faydh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-Fadani. Beliau merupakan salah satu ulama Nusantara (Asli Padang) yang namanya dikenal di seluruh dunia.
Syekh Yasin memiliki gelar Musnid Dunya, (Sanadnya Dunia), sebab beliau menjadi muara sanad, dan memiliki keistimewaan sanad-sanad ilmu yang sangat tinggi.

Sebuah kitab di bidang Ilmu Mantiq, yang disajikan dalam bentuk pertanyaan dan jawaban ini, cukup mudah untuk dipelajari, terlebih syekh Yasin juga menggunakan bahasa yang cukup sederhana.

Ilmu Mantiq sangatlah penting dipelajari baik oleh pelajar di pendidikan Formal, maupun non formal, kalangan santri atau bukan, agar mereka nantinya terdidik dan memiliki cara berfikir yang sistematis, kritis dan tentunya terhindar dari kesalahan.

Al-Imam Al-Ghazali dalam sebuah riwayat menegaskan "orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang ilmu mantik ini, maka ilmunya masih diragukan"
 

Berikut ini beberapa definisi Ilmu Mantiq:

1. Merupakan ilmu yang memuat aturan dan undang-undang yang harus diperhatikan dan dijaga, dan jika tidak dipelihara maka seseorang akan salah dalam berfikir
2. Ilmu yang mempelari tentang ketentuan-ketentuan yang dijadikan petunjuk bagi seseorang dalam berfikir, sehingga dia jauh dari kemungkinan salah dalam berfikir
3. Ilmu tentang hukum yang berfungsi sebagai pemelihara jalan fikiran dan menjaganya dari setiap kekeliruan.

Dari beberapa definisi ini, bisa disimpulkan bahwa Definisi Ilmu Mantiq adalah "Ilmu yang mempelajari rambu-rambu dan sistem berfikir seseorang dengan benar.

Terimakasih telah membaca Kitab Risalah Fi Ilmi Al-Mantiq Ala Thariqati Su'al wal Jawab, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

 

 

           
   

 

           

 

JUDUL                  

:

 

Kitab Risalah Fi Ilmi Al-Mantiq Ala Thariqati Su'al wal Jawab (PDF)

 

PENULIS              

:

 

Syekh Muhammad Yasin bin Isa Al-Fadani

 

 

PENERJEMAH   

:

 

-

     

 

PENERBIT           

:

 

     

 

TAHUN                

:

 

  M / H

       

 

TEBAL                  

:

 

47 Halaman (PDF)

       

 

                           

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!