Kitab - Arba'in Fi Ushuluddin - Ar-Razi

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab72
PengarangImam Fakhr Al-Din Al-Razi, Syekh Islam Muhammad bin Al-HusseinTahun Terbit Masehi/Hijriah(1989 M (S)S)/1409 H
PenerbitMaktabah Al Kulliyat az ZuhriyyatFan/KategoriTanya Jawab Hukum
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

ARBA'IN FI USHULUDDIN  Karya Imam Fakhr Al-Din Al-Razi, Syaikh Islam Muhammad bin Al-Hussein yang wafat di kota Herat  pada tahun 606 H.
Penulis merupakan Ulama` bermadzhab Syafi’i dalam fiqh dan bermadzhab Asy’ari dalam Aqidah. Penulis memulai belajar langsung kepada orang tuanya yang bernama Syaikh Umar yang memiliki laqob Syaikh Dliya`udin dan Khotib ar Roziy. Penulis lahir pada tahun 544 H di kota Rayy.

Kitab ini adalah salah satu karya paling berharga dalam Ilmu Kalam/Teologi, dan itulah sebabnya dia menjadi fokus perhatian para ahli Ilmu karena isi kandungan di dalamnya, meliputi rahasia keilmuan hukmiyah (hukum) dan hikamiyyah (ilmu kerohanian), fakta-fakta pembahasan secara rasional maupun tranmisi serta pembahasan tentang ke Tuhanan.

Secara garis besar materi dalam kitab ini dibagi menjadi 2 bagian besar.
Bagian pertama memuat 26 topik, yakni meliputi pembahasan tentang penciptaan alam semesta, sesuatu yang tidak ada tidak ada apa-apanya, pembuktian pengetahuan Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa itu kekal abadi, Tuhan Yang Maha Esa tidak ada yang membedakan, Tuhan Yang Maha Kuasa atau Pembicara, keberadaan Tuhan Yang Maha Esa dalam wujud-Nya Yang Maha Tinggi adalah hidup, Tuhan adalah maha Pencipta pengetahuan Dia satu dalam menciptakan tindakan, dalam hal itu tidak diperbolehkan adanya banyak tindakan dan aturan Allah SWT untuk dinalar.

Bagian kedua, berisi 14 bab di mana ia berbicara tentang: Membuktikan esensi individu, realitas jiwa, dalam membuktikan kekosongan, menjelaskan waktu kembali, penjelasan tentang kesempurnaan para Nabi, membuktikan ke Nabian  Nabi Muhammad SAW, penjelasan bahwa para malaikat adalah ibu terbaik dari para Nabi, penjelasan karomah para wali, penjelasan ketentuan pahala dan hukuman, penjelasan janji orang fasiq terputus, penjelasan syafaat Nabi Muhammad SAW, penjelasan kepatuhan terhadap bukti lisan apakah itu menguntungkan kepastian atau tidak dalam Imamah?, penjelasan penetapan premis-premis yang dapat dijadikan acuan dalam menetapkan tuntutan rasional, yaitu kesimpulan kitab.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Kitab Arba’in fi Ushuluddin, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :  Arba'in Fi Ushuluddin (PDF)
Tebal           :  696 halaman (PDF)

Sumber : Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!