Kitab Fathu Al-Majid fi Bayani At-Taqlid

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab722
PengarangKH. Ahmad Dahlan bin Abdullah Al-Fajitani Al-JawiTahun Terbit Masehi/Hijriah2018 M/1439 H
PenerbitDar As-Sholih, Cairo-MesirFan/KategoriUshul Fiqh
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya KH. Ahmad Dahlan bin KH. Abdullah bin KH. Abd Manan Dipomengggolo, lahir di Desa Tremas Kabupaten Pacitan, Jawa Timur sekitar tahun 1861 M/1279 H. Beliau wafat di Semarang pada 1911 M/1329 H tutup usia 50 tahun, dimakamkan di sebelah makam KH. Sholeh Darat Rahimahumullah.
Ayahnya seorang ulama Besar bernama KH. Abdullah Abd Manan pendiri Pondok Pesantren Tremas yang terkenal. Ibundanya bernama Nyai Aminah. Memiliki saudara semuanya ulama yaitu, Al-Muhaddis Syekh Muhammad Mahfuzh Tarmasi, KH. Muhammad Dimyathi Tremas, Al-Muqri KH. Muhammad Bakry Tremas, Al-Mursyid KH. Abd Razaq Tremas.

Kitab ini adalah salah satu karya ulama nusantara yang mengulas satu pembahasan yang ada dalam ilmu ushul fiqh. Ditulis dalam bahasa arab fasih, singkat dan lugas, namun perlu beberapa bidang ilmu untuk memahaminya.

Dalam risalah ini kita juga dikenalkan nama-nama tokoh Ulama Syafi’iyyah yang dijadikan pondasi dalam menganalisa perangkat imam mazhab dalam beristinbath. Kita akan melihat posisi mereka berbeda -beda sesuai dengan nama atau gelar seperti perbedaan antara mujtahid mustaqil dan mujtahid mutlaq muntasib, ashabul wujuh, mujtahid fatwa dan seterusnya juga disebutkan penggunaan istilah syaikhain dan cara memilih pendapat keduanya jika bertentangan.

Terimakasih telah membaca Kitab Fathu Al-Majid fi Bayani At-Taqlid, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

 

IDENTITAS KITAB

 

 

           
   

 

           

 

JUDUL                  

:

 

Kitab Fathu Al-Majid fi Bayani At-Taqlid (PDF)

 

PENULIS              

:

 

KH. Ahmad Dahlan bin Abdullah Al-Fajitani Al-Jawi

 

 

PENERJEMAH   

:

 

-

     

 

PENERBIT           

:

 

Dar As-Sholih, Cairo-Mesir

   

 

TAHUN                

:

 

2018 M / 1439 H

       

 

TEBAL                  

:

 

139 Halaman (PDF)

       

 

                           

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!