Kitab At-Ta’arruf li Madzhabi Ahli Al-Tasawuf

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab724
PengarangAbu Bakar Al-KalabadziTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriTasawwuf
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Abu Bakar Muhammad bin Ishaq Al-Kalabadzi Al-Bukhari (wafat 380H/990M), atau dikenal “Abu Bakar Al-Kalabadzi”. Beliau seorang ulama sufi ahli hadis yang hidup sebelum Imam Al-Ghazali. Jarak tahun antara wafatnya Abu Bakar Kalabadzi dengan kelahiran Imam Al-Ghazali sekitar 68 tahun (Imam Al-Ghazali lahir pada tahun 1058 M). Beliau bergelar “Tajul Islam” (artinya: Mahkota Islam). Ahli fiqih madzhab Hanafi dan juga ahli hadis.

Tasawuf, telah menjadi objek persilangan pendapat hingga hari ini. ‘Nasib’ ilmu ini tidak sama dengan ilmu Fiqih, ilmu hadis, ilmu tafsir, dan ilmu nahwu-shorof. Empat ilmu ini tidak dilabeli dengan bi’dah. Sementara tasawuf kerap dipojokkan sebagai ilmunya orang-orang ahli bid’ah, sesat, dan lain sebagainya. Dalam konteks ini, ‘nasib’nya mirip dengan ilmu kalam.

Untuk menilai suatu objek ilmu atau masalah keilmuan alangkah baiknya mengambil saran dari Imam Al-Ghazali yang beliau tulis dalam otobiografinya yang berjudul “Al-Munkidz min Al-Dholal wa Al-Mushil ila Dzil ‘Izzi wa Al-Jalal”. Kitab yang mengkisahkan perjalanan pengembaraan ilmu imam al-Ghazali dalam mencari kebenaran. Beliau mengatakan, sebelum menilai suatu pemikiran, haruslah terlebih dahulu mempelajarinya secara mendalam sampai pada tingkat ahli (Imam Al-Ghazali,Al-Munkidz min Al-Dholal).

Tentu saja saran Imam Al-Ghazali ini tidak setiap orang mampu melakukannya. Tetapi pelajaran dari beliau untuk konteks ilmu tasawuf adalah, jika ingin menilai ilmu ini rujuklah kepada kitab-kitab standarnya. Jika masih tidak mampu, dengarkanlah salah satu tokoh ilmu tasawuf yang diakui. Artinya, rujuklah pada otoritas tingginya.

Sebagaimana jika kita ingin tahu tentang ilmu kesehatan. Maka, pelajarilah buku yang ditulis oleh dokter, jangan baca buku yang ditulis oleh dukun. Tanyalah pada dokter ahli, jangan bertanya pada tukang bengkel mobil.

Salah satu kitab standar yang diakui otoritasnya dalam ilmu ini adalah kitab “At-Ta’arruf li Madzhabi Ahli al-Tasawuf”
Walhasil, kitab ini meski tidak tebal, tetapi boleh dikatakan kitab ensiklopedis (mausu’ah) tentang tasawuf tertua setelah kitab Al-Luma’ yang ditulis oleh Abu Mansur Al-Sarraj. Maka, jika kita ingin  penasaran apa itu sufi dan tasawuf, silahkan baca kitab ini. Wallahu a’lam bis showab

Terimakasih telah membaca Kitab At-Ta’arruf li Madzhabi Ahli Al-Tasawuf, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

 

 

           
   

 

           

 

JUDUL                  

:

 

Kitab At-Ta’arruf li Madzhabi Ahli Al-Tasawuf (PDF)

 

PENULIS              

:

 

Abu Bakar Al-Kalabadzi

 

 

PENERJEMAH   

:

 

-

     

 

PENERBIT           

:

 

     

 

TAHUN                

:

 

 M / H

       

 

TEBAL                  

:

 

144 Halaman (PDF)

       

 

                           

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!