Kolom

 

Reaktualisasi Nilai Maulid dalam Mengibarkan Panji Aswaja

Tidak dilarang merayakan maulid nabi dengan acara yang meriah tetapi ajaran yang diteladankan oleh Nabi Muhammad Saw jangan sampai tidak membekas di hati.

Merajut Ukhuwah dalam Maulid Nabi

Bagaimana baginda nabi bertindak yang dianggap sepele menjadi suri tauladan untuk umat-Nya dan kini nilai tersebut telah banyak diabaikan.

Introspeksi Diri Menuju Insan Kamil

Pemahaman ayat ini menunjukkan bahwa kita diajak untuk merenungkan intropeksi diri dengan bertanya kepada pribadi masing-masing

Kolom Gus Nadir: Berpaling dari Dalil, Mungkinkah?

Sebagian umat Islam tidak lagi mempelajari ilmu usul al-fiqh yang luar biasa itu. Mereka hanya dicekoki oleh para murabbi dan ustadznya: “cukup pakai Qur’an dan Hadis.

Maulid, Meneladani Akhlak Rasulullah Saw

Namun tetap ada saja problema dan kontroversi seputaran maulid nabi, hal ini bukanlah merupakan  wacana baru. Perdebatan yang sebenarnya hanya pada level luar dan metodenya

Pendidikan Berkarakter via Humanisme

Kunci pokoknya adalah konsientisasi atau pembangkitan kesadaran kritis. Sebuah corak pendidikan yang diusung oleh Freire, yaitu pendidikan kaum yang dijalankan dengan kemurah-hatian otentik, kedermawanan, humanis (bukan humanitarian), menampilkan diri sebagai pendidikan manusia

Urgensi Pendidikan Berbasis Humanisme

Pendidikan seringkali juga digunakan sebagai alat hegemoni kekuasaan dan alat untuk melestarikan kelas-kelas sosial dalam masyarakat

Realisasi Tarbiyah Humanisme Melahirkan Insan Kamil

Secara kodrati manusia akan selalu hidup bersama. Hidup bersama antarmanusia akan berlangsung dalam berbagai bentuk komunikasi dan situasi. Dalam kehidupan semacam inilah terjadi interaksi

Intelektual dalam Nuansa Humanis

Pembelajaran yang mengakui hak anak untuk melakukan tindakan belajar sesuai karakteristiknya. Hal penting yang perlu ada dalam lingkungan belajar yang dibutuhkan anak didik adalah kenyataan

Tarbiyah Humanisasi di Indonesia

Dewasa ini realita yang sering terjadi di dunia pendidikan. Tujuan pendidikan itu hanya sebagai transfer of knowledge (mentransfer ilmu