Salah satu pemikiran ateisme adalah menganggap bahwa konsep Tuhan itu hanya untuk mengisi celah (gaps) yang tidak bisa atau belum bisa dijelaskan oleh sains
Fakhruddin Ar- Rāzi berpendapat Ilmu Pengetahuan Alam adalah bagian dari filsafat (Al-Hikam), secara teoritis filsafat terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya filsafat Alam, filsafat Matematika, dan filsafat Metafisika. Jadi filsafat Alam, Matematka dan filsafat Metafisika merupak satu kesatuan.
Pemimpin itu mengilhami kadernya untuk berani keluar dari takdirnya, menghadapi gelombang kesulitan yang datang silih berganti tapi tetap tegar meniti kemenangan sejati
Kita sudah biasa dengar kata keramat dengan pahamnya angker, atau supranatural. Merujuk arti keramat itu sebenarnya adalah kemuliaan bukan keangkeran, atau mistis
Manusia itu tidak selalu berjalan lurus, baik langkah fisiknya, pikirannya maupun kalbunya. Ada yang mempengaruhinya untuk pindah atau bergeser dari satu tempat ke tempat lain, dari satu pikiran ke pikiran lain, dari satu hati ke hati lain, dari satu keyakinan ke keyakinan lain
Apa yang ada dalam hati menimbulkan efek pada apa yang dikerjakan anggota badan. Jika hatinya itu baik, insyaallah apa yang dilakukannya secara fisik juga akan baik, dan jika hatinya hitam maka fisiknya juga akan melakukan yang tidak baik
Para Taymiyun (wahabi) seringkali menyamakan dan menyamarkan antara sifat Dzatiyah Allah dan Sifat Jismiyah
Memahami teks ayat al-Qur'an dan hadis itu harus hati-hati. Jangan seperti makan kacang goreng langsung kunyah dan telan. Penting memahami teks kitab suci dan hadis itu dengan membaca syarh (penjelasan) ulama
Kajian epistemologi dalam Islam adalah sesuatu yang unik, ini karena jika ditarik pada filsafat ilmu maka epistemologi adalah sebagaimana yang dikaji di dunia Barat diskursus yang dikaji secara filosofis-spekulatif