Artikel

 

Mazhab Syafi'i #15: Mengupas Sejarah Karangan Ulama Dunia

Keduanya terkenal dengan sebutan Hasyiyatai al-Qalyubi wa Umairah. Buku ini beberapa kali dicetak dan yang penulis pandang lebih bagus adalah yang ditahkik oleh Syaikh Abdul Latif Abdur Rahman cetakan Darul Kutub al-Ilmiyyah Beirut dalam lima jilid besar-besar. Dicetak pertama kali pada tahun 1997.

Mazhab Syafi'i #14:  Karya Ulama  Mazhab Syafi'i Abad Sepuluh Hijriyah

arya-karya Imam Nawawi, Imam Rafi’i atau Imam al-Haitami dan Imam ar-Ramli, juga bukan buku-buku tentang ilmul khilaf. Buku-buku ini

Mengintip Fenomena Bulan Safar

Sahaja saya mandi pada bulan Shafar agar dijauhkan dan dipelihara oleh Allah Swt daripada bala dan penyakit serta fitnah dajjal, sunnat karena Allah Swt

Hukum Menulis Bismillah pada Kartu Undangan

Tidak boleh membuang sembarangan undangan bertuliskan basmalah, bahkan bisa murtad bila bertujuan meremehkan / istihza

Menjadi Penulis Itu dengan Kemauan Bukan Lahir Lewat Bakat

Kemampuan menyampaikan sesuatu kepada pengunjung blog akan jadi nilai tambah. Minimal ada orang yang dengan mudah menangkap apa yang hendak disampaikan pemilik blog.

Menyebut Nama Orang Shaleh Turun Rahmat. Benarkah?

Tarouna jika memakai dua wawu maka hal itu adalah hadits dan ada asalnya, namun jika memakai satu wawu maka bukan hadits

Rekonstruksi Whatsapp Media Bebas Hoaks Zaman Now

 Pesan-pesan ini tidak memiliki sumber jelas—atau, dalam berbagai kasus, mencatut nama sumber “resmi” atau kredibel. Dengan demikian, satu-satunya penjamin kesahihan informasi adalah kepercayaan pada si pengirim pesan

Mazhab Syafi'i #13:  Karya Maha Agung Mazhab Ulama Syafi'i

Dan buku ini, hemat penulis, merupakan buku yang sangat penting dalam mengkaji Ilmu Warits. Buku ini dicetak oleh Dar Ibn Khuzaemah Riyad, tahun 1420 H

Mazhab Syafi'i #12:  Karya Fiqh al-Muqaran

Kelebihan kitab ini adalah adanya perbandingan dengan madzab-madzab lain. Berikut ini buku-buku fiqh Muqaran yang ditulis oleh ulama madzhab Syafi’i

Mazhab Syafi'i #11:  Tarjih Imam Ramli Versus Ibnu Hajar Al-Haitami

Hal ini dikarenakan buku tersebut mencakup juga nushush dari Imam al-Haramain al-Juwaini. Kedua kitab di atas dipandang telah mencukupi sebagai pegangan dalam madzab syafi’i. Ada dua alasan penting