Artikel

 

Ziarah di Makam KH. Syamsul Mu'in Cholid, Muasis Pesantren Darul Amien Banyuwangi

KH. Syamsul Mu'in Cholid, Muasis Pesantren Darul Amien Banyuwangi

Pesantren Al-Inayah Cibeber Cilegon

Pesantren Al-Inayah dirintis dan didirikan oleh KH. Junaedi Aziz pada tahun 1971 di Kampung Jerang Ilir, Desa Karang Asem, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. Karena kurangnya pendidikan agama di daerah Cibeber kemudian KH. Junaedi Aziz dengan dukungan ayahnya KH. Bani Aziz berinisiatif mendirikan pondok pesantren.

Manusia adalah Ciptaan Terbaik Allah SWT

Imam Al-Qurthubi dengan mengutip pernyataan Ibnul ‘Arabi mengungkapkan bahwa Allah tidak memiliki ciptaan yang lebih baik dari manusia. Manusia adalah ciptaan terbaik Allah SWT. 

Biografi Syekh Tajul Arsy Al-Bantani (Pangeran Sunyararas Tanara)

Pangeran Sunyararas adalah Laksamana pertama kesultanan Banten di awal periode kepemimpinan Maulana Hasanuddin 1552-1570 M.

Pesantren Al-Fathaniyah Serang

Pondok Pesantren Al Fathaniyah ini bernama Al-Ikhlas juga lebih akrab disebut dengan Pesantren Tengkele dengan lokasi hanya beberapa meter dari jalan raya, yaitu tepat berseberangan dengan penziarahan Tengkele (Tubagus Ahmad dan Tubagus Chuluq).

Pesantren Mursyidul Falah Karawang

Pondok Pesantren Mursyidul Falah didirikan dan diasuh oleh KH.Obay Hasan Bashri. Pondok Pesantren Salafiyah Mursyidul Falah berlokasi di Kampung Sawah kecamatan Jayakerta kabupaten Karawang. Pondok pesantren yang beliau asuh menjadi ponpes rujukan para santri.

Biografi KH. Nurul Huda Djazuli (Pengasuh Pesantren Al-Falah Ploso Kediri)

Figur KH. Nurul Huda Djazuli ini tidak asing ditelinga kita. Wali yang terkenal dalam sepanjang hidupnya Mengaji, mengaji dan mengaji. Yang senantiasa memberikan pengajian tanpa mengenal kamus libur. Sosok Kyai sepuh yang penuh wibawa. Didalam hidupnya diperuntukkan untuk mengaji belajar dan mengaji lagi.

Biografi KH. Abdullah Mubarok Tasik, Pendiri Pesantren Suryalaya Tasikmalaya

Pada tahun 1890 M, ketika usianya 50 tahun, beliau membuka pengajian. Mula-mula di kampung Tundangan, kemudian ke kapung Cisero. Dan di tahun 1902 M, pindah ke kampung Godebag.

Kemanusiaan Mendahului Sikap Keberagamaan

Dengan kata lain, problem yang kita hadapi dewasa ini bukan soal teks keagamaan, tapi soal kemanusiaan kita yang merasa terancam, tidak aman dan tidak nyaman. Ini menggerus kemanusiaan kita sehingga kita tidak lagi jernih, adil dan beradab dalam memahami teks keagamaan.