Profil Ulama

 

Biografi Kyai Ageng Pengging ( Raden Kebo Kenongo) Ayahanda Joko Tingkir

Ki Ageng Pengging adalah murid terbaik Syekh Siti Jenar, salah seorang wali yang mengajarkan kesederajatan manusia dan menolak basa-basi duniawi.

Biografi Sunan Tembayat (Sayyid Ihsan Nawawi) Sunan Pandanarang II

Sunan tembayat adalah tokoh yang sering disebutkan dalam berbagai babad dan cerita rakyat sebagai salah satu penerus berdirinya Kota Semarang dan merupakan salah satu tokoh ulama yang berperan dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Sunan Tembayat merupakan salah satu tokoh kunci proses Islamisasi di tanah jawa yang hidup setelah Walisongo yang mampu naruh simpati dihati masyarakat.

Biografi Kyai Ageng Banyu Biru (Kyai Ageng Purwoto Sidik) Guru Spiritual Joko Tingkir

Kyai Ageng Banyu Biru dikisahkan sebagai seorang yang lembut hati . beliau meskipun pewaris sah dari Kerajaan Pengging akan tetapi tidak berambisi untuk meneruskan jabatan dari ayahandanya

Biografi Kyai Gede Sebayu (Ulama dan Pendiri Kota Tegal)

Masyarakat Tegal khususnya, pasti tidak asing dg nama Kyai Gede Sebayu. Ya, hal ini karena beliau merupakan Tokoh Pendiri Pemerintahan Tegal pada 1585-1625.

Biografi Ibnu Rajab

Nama sebenarnya adalah Abdurahman ibn Syihab al Din Ahmad ibn Rajab ibn Abd al Rahman ibn Hasan ibn Muhammad ibn Abi al Barakat Mas’ud al Hafidz Zain al Din Abu al Faraj al Baghdadiy al Dimasyqiy al Hanbaliy, terkenal dengan sebutan Ibnu Rajab.

Biografi Bathara Katong ( Raden Joko Piturun) Ulama dan Pendiri Kota Ponorogo

Dalam babad Ponorogo juga menceritakan “Pemerintahan Bathara Katong pertama-tama memperhatikan penyebaran agama Islam, mengajarkan mengaji Alquran dan Kitab.

Biografi Ibnu Qutaibah

Nama sebenarnya adalah Abu Muhammad Abdullah bin Muslim bin Qutaibah ad Dainury, beliau seorang ahli lughah yang terkenal.

Biografi Sahabat Imran bin Hushain

Nama lengkapnya adalah Imran bin Hushain bin Ubaid bin Khalaf Al-Khuza’i. beliau merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang masuk Islam pada tahun terjadinya Perang Khibar.

Biografi Sahabat Hassan bin Tsabit Al-Anshary

Nama lengkapnya adalah Abu Walid Hassan bin Tsabit Al-Anshary. Beliau merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang piawai dalam berpuisi karena beliau berasal dari kaum yang memiliki cita rasa puisi yang bagus.

Biografi Sahabat Abu Mahdzurah

Abu Mahdzurah adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Nama aslinya Aus bin Mi’yar bin Laudzan Al-Jumahi. Beliau merupakan seorang muadzin Rasulullah di Mekkah.

Menampilkan 1201 - 1210 dari 2.486 Profil Ulama