Profil Ulama

 

Biografi Kyai Ageng Pemanahan ( Cikal Bakal Raja-raja Mataram Islam)

Ki Ageng Pemanahan (dikenal juga sebagai Kiyai Gede Mataram) adalah seorang tokoh perintis wangsa Mataram yang berasal dari Sela (sebuah desa di Grobogan) dan kemudian hijrah ke Pengging. Ia dijuluki sebagai "Pamanahan" karena bertempat tinggal di desa Manahan,

Biografi Asma binti Abu Bakar RA

Asma binti Abu Bakar adalah seorang sahabat wanita yang terkemuka. Beliau memeluk Islam dari sejak dini.

Biografi Drs. KH. Muhammad Ali Shodiqin

Drs. KH. Muhammad Ali Shodiqin Ulama Nahdlatul Ulama Semarang Jawa Tengah

Biografi Wakie’ bin al-Jarrah

Wakie’ bin al-Jarrah adalah seorang hafidh ahli hadis yang besar dari golongan tabi’in yang terpercaya dan Imam dari ulama Kufah dalam bidang hadis dan lainnya.

Biografi Yahya bin Ma’in

Yahya bin Ma’in adalah seorang ulama ahlussunnah yang pakar hadis (Muhaddis) dan ilmu rijal (analisis kritis terhadap para perawi hadis.)

Biografi Syaqiq Al-Bakhli

Syaqiq Al-Bakhli adalah salah satu kaum Sufi pada generasi awal di Khorasan. Beliau memiliki nama lengkap Syaqiq bin Ibrahim Al-Bakhli dan memiliki kunyah Abu ‘Ali.

Biografi Kyai Ageng Enis ( Raden Bagus Anis atau Kyai Ageng Laweyan) Tokoh Penyebar Agama Islam di Solo

Kyai Ageng Enis adalah salah satu tokoh yang ikut ambil bagian dalam penyebaran Islam di Tanah Jawa, terutama di daerah Laweyan atau dulu masih bagian dari kadipaten Pengging. Beliau pernah menjadi guru spiritual Mas Karebet atau lebih di kenal dengan nama Jaka Tingkir

Biografi Ummu Athiyyah Al-Anshariyah

Ummu Athiyyah Al-Anshariyah merupakan wanita Anshar yang memiliki nama asli Nusaibah binti Al-Harits namun, beliau lebih dikenal dengan kunyahnya Ummu Athiyyah.

Biografi Sahabat Hasyim bin Utbah

Hasyim bin Utbah lahir setelah Nabi Muhammad SAW mengumumkan kenabiannya. Beliau adalah putra dari Utbah bin Abi Waqqash.

Biografi Kyai Ageng Selo ( Raden Bagus Songgom ) Tokoh Penyebar Agama Islam Grobogan

Kyai Ageng Selo merupakan tokoh yang memiliki pengaruh besar pada masyarakat. Beliau memiliki suatu ajaran yang diikuti oleh masyarakat secara luas pada masanya. Ajaran itu adalah ajaran tentang filsafat hidup dan keagamaan. Kyai Ageng Selo dipercaya oleh masyarakat Jawa sebagai cikal bakal yang ’ menurunkan raja-raja di Tanah Jawa, seperti raja-raja ” Mataram, Surakarta, dan Yogyakarta. 

Menampilkan 1261 - 1270 dari 2.486 Profil Ulama