Profil Ulama

 

Biografi Sahabat Thalhah bin Ubaidillah RA

Thalhah bin Ubaidillah RA adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang berasal dari suku Quraisy. Thalhah merupakan di antara dari delapan orang yang pertama masuk islam.

Biografi KH. Ghozali bin Lanah

KH. Ghozali bin Lanah beliau adalah ulama besar dari Rembang dan pendiri pesantren MIS Rembang.

Biografi Abu Bakar bin Abi Syaibah

Abu Bakar bin Abi Syaibah memiliki nama asli Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Al Kufy, seorang hafidh yang terkenal.

Biografi Sahabat Ja’far bin Abi Thalib

Ja’far bin Abi Thalib merupakan sahabat Nabi Muhammad yang rupa dan perilakunya mirip dengan Rasulullah SAW. Ja’far adalah pejuang yang wafat dalam peperangan Mu’ah.

Biografi Sahabat Ammar bin Yasir

Ammar bin Yasir merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang merupakan salah satu dari golongan sahabat yang masuk Islam atau yang disebut dengan Assabiqunal Awwalun.

Biografi Sahabat Jabir bin Abdullah

Jabir bin Abdullah merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang berbai’at bersama ayahnya pada bai’at aqabah kedua di antara 70 sahabat anshar yang berikrar akan membantu menguatkan dan menyiarkan agama Islam.

Biografi Hammad bin Salamah

Beliau adalah Hammad bin Salamah bin Dinar merupakan seorang imam dan panutan bagi kaumnya, beliau merupakan guru Islam terbesar pada zamannya. Hamad adalah ayah dari Salah al-bashri yang merupakan alhi Nahwu, dan seorang penjual benih

Biografi Sahabat Khabbab bin Al-Arats

Khabbab bin Al-Arats adalah seorang sahabat dari muhajirin yang memeluk islam pada masa-masa awal ketika umat islam belum mencapai duapuluh orang. Ia hanya seorang budak yang bertugas membuat pedang atau peralatan dari besi dan lainnya.

Biografi Sahabat Abdullah bin Rawahah

Abdullah bin Rawahah merupakan sahabat asal Ansar dari suku Khajraj termasuk orang yang memeluk agama Islam dari sejak dini yang merupakan salah seorang pimpinan dalam baiat Akabah. Berliau ini sempat mengikuti perang Badar dan peperangan-peperangan sesudah itu, akhirnya beliau meninggal dalam perang Mu'tah

Biografi Sunan Ngudung (Usman Haji)

Sunan Ngudung selain sebagai pendakwah juga menjadi tokoh kunci dalam berdirinya Kesultanan Demak yang sebelumnya Kadipaten Demak. Beliau berperan sebagai Panglima perang Kesultanan Demak dalam melawan Majapahit yang sudah dikuasai oleh Keturunan Jayakatwang musuh dari Raden Wijaya hingga gugur di medan perang.

Menampilkan 1291 - 1300 dari 2.486 Profil Ulama