Pesantren Nurul Amal Cijeungjing, Ciamis

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Nurul Amal Cijeungjing, Ciamis

Profil
Pondok pesantren Tahfidzul Al-Qur'an Nurul Amal Ciamisberdiri sejak 1994 yang merupakan lembaga pendidikan islam yang berkiprah di bidang pendidikan Al-Qur'an. Pada awalnya lembaga ini bergerak di bidan Pemberantasan Buta Huruf Qur'an(PBHQ) bagi masyarakat sekitar. Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) untuk anak-anak usia dini, Majelis Taklim untuk masyarakat umum.

Seiring berjalannya waktu pada tahun 2001 mulailah ada beberapa santri usia SD yang menetap dan jumlahnya semakin bertambah dari tahun ke tahun. Santri yang datang bukan hanya daerah sekitar tetapi sudah meluas ke luar daerah pesantren, sehingga memerlukan sebuah lembaga pendidikan yang bisa menunjang program tahfidz khusus bagi anak usia SD yang menginap.

Bertitik tolak hal itu maka berdirilah lembaga pesantren Nurul Amal khusus anak-anak usia SD yang menggunakan kurikulum khusus yaitu pembekalan anak-anak dengan ilmu dan hafalan Qur'an.

Sejarah
Diawali dari pengajian kecil di sebuah Mesjid di Dsn. Cikawung Rt. 04 Rw. 17 Ds. Bojongmengger  Kec. Cijeungjing pada tahun 1970-an yang dikelola oleh Bapak Muhammad Idi beserta isterinya Ibu Anah, proses pendidikan berjalan secara berkesinambungan. Pengajian tersebut meliputi pendidikan baca tulis   Al-qur’an dan praktek ibadah bagi anak-anak usia dini.

Pada tahun 1996 Beliau mewasiatkan Masjid untuk dimakmurkan dan mewariskan tanah yang berada di sekitarnya seluas 3.500 m2 kepada 2 orang anaknya yang bernama Ustadzah Nena Herlina dan Hj. Neni Heryani. Amanah pengelolaan pengajian diserahkan kepada Ust. H.Muhtadin Lc, (Suami dari Hj. Neni Heryani).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.