Biografi Syekh Quthb ad-Din asy-Syirazi

 
Biografi Syekh Quthb ad-Din asy-Syirazi

Daftar Isi Profil Syekh Quthb ad-Din asy-Syirazi

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Karya

Kelahiran

Syekh Quthb ad-Din asy-Syirazi bernama lengkap Quthbuddin Mahmud as-Syirazi. Beliau adalah pakar astronom dan kedokteran muslim. Ia lahir di Kazerun, daerah Syiraz, selatan Iran pada 6 Safar 634 Hijriyah/7 Oktober 1236 Masehi dari keluarga dengan tradisi tasawwuf. 

Wafat

Syekh Quthb ad-Din asy-Syirazi wafat pada 710 H/1311 M.

Lingkungan Keluarga Tasawwuf

Syekh Quthb ad-Din asy-Syirazi adalah putra Zia al-Din Mas’ud Kazeruni seorang dokter dan juga pemimpin Sufi dari golongan Kazeruni. Zia al-Din menerima Khirqanya (jubah Sufi) dari Omar Shahab al-Din Suhrawardi. Syekh Quthb ad-Din yang berpakaian Khirqa (jubah Sufi) sebagai berkah dari ayahnya pada usia sepuluh tahun. Kemudian, ia juga menerima jubahnya sendiri dari tangan Najib al-Din Bozgush Shirazni, Sufi terkenal di zamannya.

Pendidikan

Syekh Quthb ad-Din mulai belajar kedokteran di bawah asuhan ayahnya. Ayahnya melatih dan mengajar kedokteran di rumah sakit Mozaffari di Shiraz. Saat Syekh Quthb ad-Din berusia 14 tahun, ayahnya meninggal dunia, sehingga pamannya dan master lainnya melatihnya ilmu kedokteran. Ia juga mempelajari Qanun yang dikenal karena komentar-komentar sarjana Persia, Ibnu Sina. Secara khusus ia membaca komentar dari Fakhr al-Din Razi di Canon of Medicine dan Quthb al-Din mengangkat banyak isu sendiri. Hal ini menyebabkannya memutuskan sendiri untuk menulis komentarnya sendiri, di mana ia memutuskan banyak masalah di perusahaan Nasir al-Din al-Tusi .

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya