Konsultasi Psikologi: Solusi Mengubah Kebiasaan Anak Pendiam dan Acuh kepada Keluarganya

 
Konsultasi Psikologi: Solusi Mengubah Kebiasaan Anak Pendiam dan Acuh kepada Keluarganya

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kami punya anak laki-laki, 22 tahun. Kebiasaan sehari-harinya membuat kami khawatir.  Dia sering mengurung diri di kamar sambil main laptop atau main HP terus menerus, kurang PD dan pola tidurnya terbalik. Siang hari tidur, malam begadang. Apakah anak saya depresi, Pak? Anak saya lulusan D3 animasi.  Sebelumnya dia pernah diterima di salah satu universitas negeri di Malang, tapi karena tidak suka dengan jurusannya, dia keluar.

Setelah itu kuliah di jurusan animasi sesuai minatnya. Anak saya memang sejak SMP sudah suka menyendiri. Herannya, anak saya sering diajak main ke luar sama teman-temannya. Tapi kalau di rumah, seperti tidak peduli dengan keluarganya dan jarang sekali bercengkerama dengan keluarga. Kami khawatir, anak saya ga punya pekerjaan kalau seperti itu terus kegiatannya.  Mohon pencerahannya, Pak.. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ibu F di Depok

Jawaban:
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih Ibu F di Depok sudah berkenan berbagi denga kami.. Mengenai permasalahan ananda, tampaknya tidak terlepas dari karakter kepribadiannya.  Ananda sejak remaja memang memiliki kecenderungan pendiam, penyendiri dan memiliki minat sosial yang rendah. Karakternya yang cenderung introvert itu akan terus mewarnai semua perilakunya di kemudian hari. Jika saat ini, Ananda tampak suka mengurung diri di kamar, bermain sendiri dan minim komunikasi dengan keluarga, Ibu dan Bapak tidak perlu khawatir berlebihan, karena itu sesuai dengan karakter Ananda.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN