Menyoal Qurban untuk Orang yang Telah Meninggal
Laduni.ID, Jakarta - Ada sebagian umat Islam yang melakukan qurban untuk orang yang telah meninggal. Mengenai persoalan ini, Imam Nawawi membahasnya di dalam kitab beliau bernama Minhajut Tholibin. Imam Nawawi menyatakan dengan tegas bahwa hukumnya tidak sah melakukan qurban untuk orang yang telah meniggal dunia, kecuali semasa hidupnya pernah berwasiat.
Berikut pernyataan Imam Nawawi di dalam Kitab Minhajut Tholibin;
وَلَا تَضْحِيَّةَ عَنِ الْغَيْرِ بِغَيْرِ إِذْنِهِ، وَلَا عَنْ مَيِّتٍ إِنْ لَمْ يُوْصِ بِهَا. انتهى
"Tidak ada qurban bagi orang lain tanpa mendapatkan izin, begitu juga tidak sah berqurban untuk orang yang telah meninggal dunia apabila tidak ada wasiat untuk melakukan hal itu." (Minhajut Tholibin, hlm. 321)
Selain Imam Nawawi, ada Syaikh Khatib As-Syarbini yang juga berpendapat sama, sebagaimana terdapat dalam Kitab Mughnil Muhtaj. Syaikh Khatib mengatakan;
(وَلَا) تَضْحِيَّةَ (عَنْ مَيِّتٍ لَمْ يُوْصِ بِهَا) لِقَوْلِهِ تَعَالَى:{وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى} فَإِنْ أَوْصَى بِهَا جَازَ، فَفِي سُنَنِ أَبِي دَاوُدَ وَالْبَيْهَقِيْ وَالْحَاكِمِ: أَنَّ عَلِيَّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ كَانَ يُضَحِّي بِكَبْشَيْنِ عَنْ نَفْسِهِ وَكَبْشَيْنِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم، وَقَالَ: إِنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم أَمَرَنِيْ أَنْ أُضَحِّيَ عَنْهُ، فَأَنَا أُضَحِّي عَنْهُ أَبَدًا. لَكِنَّهُ مِنْ رِوَايَةِ شَرِيْكٍ اَلْقَاضِيْ وَهُوَ ضَعِيْفٌ. وَقَدَّمْنَا أَنَّهُ إِذَا ضَحَّى عَنْ غَيْرِهِ يَجِبُ عَلَيْهِ التَّصَدُّقُ بِجَمِيْعِهَا، وَقِيْلَ تَصِحُ التَّضْحِيَّةُ عَنِ الْمَيِّتِ وَإِنْ لَمْ يُوْصِ بِهَا؛ لِأَنَّهَا ضَرْبٌ مِنَ الصَّدَقَةِ، وَهِيَ تَصِحُ عَنِ الْمَيِّتِ وَتَنْفَعُهُ
Memuat Komentar ...