Pentingnya Pemberian ASI untuk Ketahanan Tubuh Anak

 
Pentingnya Pemberian ASI untuk Ketahanan Tubuh Anak

LADUNI.ID, Jakarta - Pemberian air susu ibu (ASI) pada bayi merupakan hal yang vital bagi tumbuh kembang dan kesehatan bayi. Begitu pentingnya manfaat ASI membuat pemerintah pun membuat peraturan tentang ASI eksklusif selama 6 bulan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 33 tahun 2012. Dalam PP tersebut, mendapatkan ASI merupakan hak seorang bayi.

Menkes mendorong para perempuan dan ibu Indonesia untuk memberikan ASI pada bayi selama dua tahun penuh. Hal ini terkait dengan ketahanan tubuh anak di masa depan, Ibu harus berperan aktif untuk meningkatkan keberhasilan pemberian ASI.

"Sebagai seorang wanita, ada baiknya memiliki pengetahuan dan kesadaran yang besar tentang pentingnya ASI," kata Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (22/8).

Salah satu pemenang Lomba Ibu dengan ASI Eksklusif Tahun 2018 yang digelar Kemenkes, Segarnis Dhiasy, membagikan kisahnya dalam memperjuangkan ASI untuk anak lelakinya yang saat ini berusia delapan bulan. Ia meyakini ASI adalah hak bagi setiap bayi, dan hal terbaik yang bisa ia berikan untuk anaknya.

"Saya bertekad untuk menunaikan kewajiban sebagai seorang ibu untuk menyusui anak saya. Untuk itu perlu saya persiapkan, dengan mencari informasi jauh-jauh hari sebelum hari kelahiran anak saya," kata Garnis.

Proses melahirkan, katanya, dapat mempengaruhi produksi ASI dan keberhasilan menyusui. Untuk itu, ia bersama suami mencari informasi dan mengupayakan agar memiliki persalinan yang nyaman, aman, dan minim rasa sakit.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN