Penjelasan tentang Mengambil Hibah yang Telah Diberikan

 
Penjelasan tentang Mengambil Hibah yang Telah Diberikan

PERTANYAAN :

Assalaamualaikum, maaf ustadz yai gus yang ada di piss, mohon penjelasannya : hibah adalah suatu pemberian semasa hidup seseorang, baik kepada ahli waris maupun kepada orang lain, pertanyaanya !! kalau orang tua hibah kepada anaknya kemudian di lain waktu orang tuanya mengambil pemberiannya kembali, apakah itu boleh atau tidak ? kalau mau membatalkan apakah harus ada persetujuan dari yang diberi hibah atau tidak ? mohon penjelasan nya terima kasih.

 

JAWABAN :

Wa'alaikum salam, hukumnya khilaf ulama, di antara yang membolehkan adalah keterangan berikut : Boleh membatalkan semuanya atau membatalkan sebagiannya dengan tujuan taswiyah / menyama-ratakan pemberian di antara anak-anaknya. Wallahu a'lam.

ﻓﻲﺍﻟﻤﻐﻨﻲﻻﺑﻦﻗﺪﺍﻣﺔﺍﻟﻤﻘﺪﺳﻲﺭﺣﻤﻪﺍﻟﻠﻪ:...ﻭﻗﻮﻝﺍﻟﺨﺮﻗﻲ:"ﺃﻣﺮﺑﺮﺩﻩ"ﻳﺪﻝﻋﻠﻰﺃﻥﻟﻸﺏﺍﻟﺮﺟﻮﻉﻓﻴﻤﺎﻭﻫﺐﻟﻮﻟﺪﻩﻭﻫﻮﻇﺎﻫﺮﻣﺬﻫﺐﺃﺣﻤﺪﺳﻮﺍﺀﻗﺼﺪﺑﺮﺟﻮﻋﻪﺍﻟﺘﺴﻮﻳﺔﺑﻴﻦﺍﻷﻭﻻﺩﺃﻭﻟﻢﻳﺮﺩﻭﻫﺬﺍﻣﺬﻫﺐﻣﺎﻟﻚ,ﻭﺍﻷﻭﺯﺍﻋﻲﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲﻭﺇﺳﺤﺎﻕ,

Dalam kitab almughni diterangkan, dhohir pendapat imam ahmad membolehkan kepada seorang bapak membatalkan hibah kepada anak-anaknya.

ﻭﺃﺑﻲﺛﻮﺭﻭﻋﻦﺃﺣﻤﺪﺭﻭﺍﻳﺔﺃﺧﺮﻯ:ﻟﻴﺲﻟﻪﺍﻟﺮﺟﻮﻉﻓﻴﻬﺎﻭﺑﻬﺎﻗﺎﻝﺃﺻﺤﺎﺏﺍﻟﺮﺃﻱﻭﺍﻟﺜﻮﺭﻱ,ﻭﺍﻟﻌﻨﺒﺮﻱ....ﻭﻟﻨﺎﻗﻮﻝﺍﻟﻨﺒﻲـﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢـﻟﺒﺸﻴﺮﺑﻦﺳﻌﺪ:"ﻓﺎﺭﺩﺩﻩ"ﻭﺭﻭﻯ:"ﻓﺄﺭﺟﻌﻪ"ﺭﻭﺍﻩﻛﺬﻟﻚﻣﺎﻟﻚﻋﻦﺍﻟﺰﻫﺮﻱﻋﻦﺣﻤﻴﺪﺑﻦﻋﺒﺪﺍﻟﺮﺣﻤﻦ,ﻋﻦﺍﻟﻨﻌﻤﺎﻥﻓﺄﻣﺮﻩﺑﺎﻟﺮﺟﻮﻉﻓﻲﻫﺒﺘﻪﻭﺃﻗﻞﺃﺣﻮﺍﻝﺍﻷﻣﺮﺍﻟﺠﻮﺍﺯﻭﻗﺪﺍﻣﺘﺜﻞﺑﺸﻴﺮﺑﻦﺳﻌﺪﻓﻲﺫﻟﻚﻓﺮﺟﻊﻓﻲﻫﺒﺘﻪ ﻟﻮﻟﺪﻩ..._ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﻗﺪﺍﻣﺔ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻳﻀﺎ:ﻭﻇﺎﻫﺮ ﻛﻼﻡﺍﻟﺨﺮﻗﻲ ﺃﻥ ﺍﻷﻡ ﻛﺎﻷﺏ,ﻓﻲ ﺍﻟﺮﺟﻮﻉ ﻓﻲ ﺍﻟﻬﺒﺔ ﻷﻥﻗﻮﻟﻪ" :ﻭﺇﺫﺍ ﻓﺎﺿﻞ ﺑﻴﻦ ﺃﻭﻻﺩﻩ"ﻳﺘﻨﺎﻭﻝ ﻛﻞ ﻭﺍﻟﺪ ﺛﻢﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺳﻴﺎﻗﻪ" :ﺃﻣﺮ ﺑﺮﺩﻩ"ﻓﻴﺪﺧﻞ ﻓﻴﻪ ﺍﻷﻡ ﻭﻫﺬﺍﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻷﻧﻬﺎ ﺩﺍﺧﻠﺔ ﻓﻲ ﻗﻮﻟﻪ" :ﺇﻻ ﺍﻟﻮﺍﻟﺪﻓﻴﻤﺎ ﻳﻌﻄﻲ ﻭﻟﺪﻩ"ﻭﻷﻧﻬﺎ ﻟﻤﺎ ﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ـﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ـ:ﺳﻮﻭﺍ ﺑﻴﻦ ﺃﻭﻻﺩﻛﻢ(ﻳﻨﺒﻐﻲﺃﻥ ﻳﺘﻤﻜﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﺴﻮﻳﺔ ﻭﺍﻟﺮﺟﻮﻉ ﻓﻲ ﺍﻟﻬﺒﺔ ﻃﺮﻳﻖ ﻓﻲﺍﻟﺘﺴﻮﻳﺔ,ﻭﺭﺑﻤﺎ ﺗﻌﻴﻦ ﻃﺮﻳﻘﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻤﻜﻦ ﺇﻋﻄﺎﺀﺍﻵﺧﺮ ﻣﺜﻞ ﻋﻄﻴﺔ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﻷﻧﻬﺎ ﻟﻤﺎ ﺩﺧﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﺑﺸﻴﺮ ﺑﻦ ﺳﻌﺪ ﻓﻴﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﺗﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊﻣﺪﻟﻮﻟﻪ ﻟﻘﻮﻟﻪ" :ﻓﺎﺭﺩﺩﻩ"ﻭﻗﻮﻟﻪ" :ﻓﺄﺭﺟﻌﻪ"ﻭﻷﻧﻬﺎﻟﻤﺎ ﺳﺎﻭﺕ ﺍﻷﺏ ﻓﻲ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﺗﻔﻀﻴﻞ ﺑﻌﺾ ﻭﻟﺪﻫﺎﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﺗﺴﺎﻭﻳﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻤﻜﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺟﻮﻉ ﻓﻴﻤﺎ ﻓﻀﻠﻪﺑﻪ,ﺗﺨﻠﻴﺼﺎ ﻟﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻹﺛﻢ ﻭﺇﺯﺍﻟﺔ ﻟﻠﺘﻔﻀﻴﻞ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡﻛﺎﻷﺏ ﻭﺍﻟﻤﻨﺼﻮﺹ ﻋﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺃﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﺍﻟﺮﺟﻮﻉ.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN