Inilah Kunci Sukses Upzis MWCNU Ngasem

 
Inilah Kunci Sukses Upzis MWCNU Ngasem

LADUNI.ID, Jember – Bisa dibilang, kekompakan dan semangat yang luar biasa untuk mengabdi di NU lewat pemberdayaan zakat  merupakan kunci penting bagi suksesnya Unit Pelaksana Zakat, Infaq dan Shodaqoh (Upzis) MWCNU Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Demikian kesimpulan Ketua MWCNU Wuluhan, Jember, Agus Rifqotul Musta’in. Menurutnya,  kesimpulan tersebut diperoleh setelah dirinya dan rombongan MWCNU Wuluhan mengadakan kujungan ke MWCNU Ngasem 4 hari lalu.

Agus juga mengatakan bahwa sesungguhnya Ngasem adalah kecamatan yang tak begitu besar, kalah jauh jika dibandingkan dengan Wuluhan, baik dari sisi populasi penduduk maupun infrastruktur.

“Jalannya kecil, bus tidak masuk. Bahkan bus kami harus berhenti sekitar 9 kilometer sebelum kantor MWC. Sehingga kami dijemput dengan kendaraan elf oleh tuan rumah,” ungkap Agus di Wuluhan, seperti dilansir dari NU Online pada Ahad (9/12).

Kendati demikian, Upzis MWCNU Ngasem cukup berhasil mengelola zakat. Perbulan bisa meraup dana dari masyarakat melalui koin infaq  rata-rata Rp. 50 juta.  Selain punya kantor yang cukup representatif,  Upzis MWCNU juga punya ambulan dan kendaraan logistik.

“Kaleng (koin) itu dibagikan ke warga, toko, warung, jamaah tahlil dan sebagainya. Semua pengurus MWC, Ranting dan  Banom ikut terlibat aktif dalam mendorong suksesnya koin, termasuk Muslimat dan Fatayat,” lanjutnya.

Selain itu, Agus mengaku yakin pihaknya bisa meniru kesuskesan Upzis MWCNU Ngasem dalam mengelola zakat. “Kalau mereka bisa, kenapa kami tidak. Apalagi kami memliki  keunggulan di bidang jumlah warga,” pungkasnya