Mengurai Empat Istilah Penting dalam Pendidikan Islam

 
Mengurai Empat Istilah Penting dalam Pendidikan Islam
Sumber Gambar: aljumuah.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam pengajian rutin di Masjid Al-Jamaah Jumat malam, seperti biasa temanya diusulkan oleh jamaah melalui pengurus masjid. Suatu kesempatan, tema yang dibahas adalah "Menanamkan Pendidikan Islam terhadap Anak sejak Dini". 

Saya menyampaikan bahwa pengertian pendidikan dalam Islam biasanya menggunakan empat istilah, yakni disebut تربية (Tarbiyah), تعليم (Ta'lim), تأديب (Ta'dib), dan تزكية (Tazkiyah).

Adapun pengertian lebih luasnya dapat diuraikan sebagaimana berikut:

1. Tarbiyah (تربية) dalam bahasa Arab merupakan seakar kata dengan kata رَبَا - يَرْبُو artinya tumbuh dan bertambah. Selian itu juga seakar kata dengan kata رَبِيَ - يَرْبَي artinya menjadi besar. Sedangkan akar kata yang paling tepat berasal dari kata رَبَّى - يُرَبِّي artinya memperbaiki, menuntun, menjaga atau memelihara.

Tarbiyah yang diartikan pendidikan maksudnya adalah proses pertumbuhan agar menjadi lebih besar (maju), sehingga dapat memperbaiki, memelihara, dan menuntun ke arah yang lebih baik dan sukses. Istilah ini lebih populer dalam dunia pendidikan formal di perguruan tinggi, Jurusan atau Fakultas Tarbiyah.

2. Ta'lim (تعليم) berasal dari kata 'allama (عَلَّم) membuat orang lain menjadi mengetahui, maksudnya proses yang rutin dan terus menerus serta upaya yang luas cakupannya, sehingga dapat memberi kejelasan kepada

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN