Toyota Lebih Realistis Menghadapi 2019
LADUNI.ID,TEKNO – PT Toyota Astra Motor (TAM) berharap bisa mempertahankan penguasaan pangsa pasar sepanjang 2019, seiring persaingan ketat yang terus terjadi. Target ini bercermin dari rapor penjualan yang diperoleh sepanjang 2018 turun 5,2 persen dari hitungan wholesale dan minus 3,8 persen untuk retail sales.
Mengacu data Gaikindo, sepanjang 2017 lalu, Toyota plus Lexus berhasil menjual total 372.614 unit untuk wholesale dan 371.270 unit retail sales. Sedangkan, data yang disuguhkan TAM, sepanjang 2018 lalu, wholesale tercatat 353.000 sedangkan retail sales 357.000.
Lewat hasil ini, pangsa pasar Toyota menurun lumayan besar, mengingat posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia. Market share untuk wholesale, mengacu data termutakhir Gaikindo periode Januari-November 2018, hanya 30,6 persen sedangkan retail sales, adalah 30,8 persen.
Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy, mengatakan, kompetisi di pasar dalam lima tahun terakhir memang semakin ketat. Perubahan yang terjadi di pasar juga sudah diantisipasi oleh Toyota dengan beragam strategi dan bukan sekadar produk baru saja, tetapi juga terkait pengembangan oleh prinsipal, termasuk memikirkan platformbagaimana berjualan mobil, menjaga konsumen fleet, sampai mobility basis.
Memuat Komentar ...