Ilmuwan Buktikan Gajah Memang Punya Daya Ingat Kuat

 
Ilmuwan Buktikan Gajah Memang Punya Daya Ingat Kuat

 

LADUNI.ID,EDUKASI-Gajah dikenal sebagai satwa liar yang memiliki ingatan yang kuat. Ia dapat mengingat lokasi makanan dan air yang berlimpah dan akan kembali ke lokasi yang sama bertahun-tahun setelahnya. Hal ini tampaknya yang menjadi masalah karena sering kali lokasi tersebut telah ditempati manusia sehingga terjadi konflik.

Peneliti dari Amerika Serikat, Jerman, dan Namibia melaporkan hasil penelitian tentang ingatan gajah tersebut dalam jurnal Ecological Society of America, Ecological Monographs edisi 9 Januari 2019 yang juga dipublikasikan Sciencedaily.com.

Penelitian itu berjudul ”Variasi Temporal dalam Pemilihan Sumber Daya Gajah Afrika Mengikuti Variabilitas Jangka Panjang dalam Ketersediaan Sumber Daya”.

Gajah adalah insinyur ekosistem yang penting. Mereka mengontrol kondisi habitat atau ketersediaan sumber daya untuk organisme lain. Misalnya, mereka meningkatkan keanekaragaman tanaman dengan mendorong penyebaran benih dan transportasi hara. Sayangnya untuk hewan-hewan yang tidak terpisahkan ini, populasi gajah di seluruh Afrika menurun tajam dalam dekade terakhir karena perburuan liar dan pembatasan jangkauan mereka yang lebih besar.

Para ilmuwan meneliti Gajah Afrika (Loxodonta africana) di Taman Nasional Etosha, Namibia. Gajah Afrika dinilai ideal untuk penelitian ini  karena mereka memiliki kemampuan kognitif yang sangat baik dan memori spasial jangka panjang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN