Ziarah di Makam Bathara Katong, Ulama Pendiri Kota Ponorogo

 
Ziarah di Makam Bathara Katong, Ulama Pendiri Kota Ponorogo

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Bathara Katong beliau ulama pendiri Kota Ponorogo yang juga murid dari Sunan Kalijaga. Beliau masih saudara dari Raden Patah lain ibu satu ayah Raja terakhir Majapahit Raden Brawijaya.

Bathara Katong pada waktu itu diperintah kepada Sunan Kalijaga untuk menumpas pemberontakan Ki Ageng Kutu dan membabat alas di wilayah Ponorogo untuk mensiarkan agama Islam di Ponorogo. Ketika sampai di wilayah itu perkelahian dengan Ki Ageng Kutu tidak terhindarkan lagi, hingga adu kesaktian antar mereka.

Ki Ageng Kutu adalah penguasa di Tanah Wengker, beliau memiliki nama lain Ki Demang Ketut Suryo Alam, beliaulah yang memimpin para warok-warok yang ada di Ponorogo.

Bathara Katong datang ke Ponorogo untuk mendakwahkan Islam di Ponorogo dengan cara damai. Dengan melalui pendidikan, kebudayaan, perkawinan. Bathara Katong menikahi anak dari Ki Ageng Kutu bernama Niken Gandini. Namun dengan cara itu juga Ki Ageng Kutu belum mau menerima ajaran Islam yang dibawa Bathara Kathong dan ia masih menjadi penguasa yang kuat dengan pusakanya Korowelang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN