Toleransi Umat Beragama: Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

 
Toleransi Umat Beragama: Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

Laduni.ID, Jakarta - Saat ini, Indonesia sedang meniti jembatan emas menuju Indonesia emas yang dicanangkan 100 tahun setelah Indonesia merdeka. Dalam pembukaan UUD 1945 sebagai pondasi negara, telah menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia harus berdaulat, adil dan makmur. Salah satu ciri utamanya adalah Indonesia tahun 2045 akan menjadi negara berkekuatan ekonomi terbesar kelima di antara negara-negara di dunia. Mengapa bisa demikian, karena Indonesia memiliki potensi berupa sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah.

Selain itu, Indonesia adalah negara multikultural dengan berbagai keragaman antara lain suku, ras, bahasa dan juga agama. Keberagaman ini merupakan aset bangsa Indonesia yang harus dijaga dan rawat bersama. Keberagaman dalam beragama merupakan sebuah kenyataan yang tidak dapat dihindari. Sehingga setiap umat beragama mempunyai kewajiban untuk mengakui sekaligus menghormati agama lain tanpa membeda-bedakan.

Untuk menyongsong Indonesia emas 2045, salah satu kunci agar tujuan itu bisa tercapai yaitu dengan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Sebab, bangsa yang berdaulat adalah bangsa yang menjaga rakyatnya dari perpecahan terutama kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk. Kesatuan tersebut harus dipupuk, dirawat dan dijaga demi kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Jika melihat sejarah, sudah banyak kasus perpecahan atas nama agama di negara lain, khususnya di Indonesia sendiri. Teror atas nama agama di masyarakat tidak bisa dibiarkan, harus ditumpas hingga ke akar-akarnya jika negara ini ingin mencapai titik emas di tahun 2045 sebagaimana yang sering disuarakan oleh banyak tokoh.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN