Sejarah Nuzulul Quran dan Tempat Turunnya

 
Sejarah Nuzulul Quran dan Tempat Turunnya

Laduni.ID Jakarta - Bulan Ramadhan terus berlalu dan tanpa terasa kini kita telah berada di pertengahan bulan Ramadhan, hendaknya lebih giat dalam meningkatkan amal ibadah, salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Quran, siapa  yang membacanya juga termasuk ibadah walaupun tidak mengerti isi dan kandungannya. Ramadhan diidentifikasikan sebagai bulan Al-Quran, hal ini disebabkan pada bulan ini alquran di turunkan.

Setidaknya momentum ramadhan ini tentu saja menganjurkan kepada kita untuk lebih giat dan tekun dalam membaca, memahami dan menguak rahasia dalam kitab suci tersebut.

Salah satu peristiwa penting dalam bulan ini diturunkan Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam. Peristiwa ini dikenal dengan Nuzulul Quran. Masyhur pendapat di kalangan masyarakat peristiwa itu terjadi 17 Ramadhan. Benarkah?

Bulan ini di samping bulan suci, sangat banyak berkah dan kelebihannya. Juga pada bulan Ramadhan Allah SWT menurunkan Al-Quran kepada Rasulullah Saw melalui peraantaraan Malaikat Jibril. Hal ini sebagaimana di sebutkan dalam Alquran, berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ (١٨٥)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN