Anjuran dan Keutamaan Menikah di Bulan Syawal

 
Anjuran dan Keutamaan Menikah di Bulan Syawal
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Syawal yang menjadi bulan kesepuluh dalam penanggalan Hijriyah banyak dinantikan oleh umat Islam selepas menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Selain Hari Raya Idul Fitri yang jatuh setiap 1 Syawal, bulan ini biasanya juga dinantikan oleh banyak orang yang hendak melepas masa lajang, melaksanakan pernikahan.

Tidak jarang kita mendengar kerabat atau keluarga yang memutuskan untuk menikah di bulan Syawal karena diyakini bahwa bulan tersebut merupakan bulan yang baik untuk menikah. Sebab, dikisahkan dalam banyak riwayat Hadis, bahwa dahulu Rasulullah SAW melangsungkan pernikahan dengan Aisyah r.ha di bulan Syawal. Karena itu, Hadis tersebut menjadi rujukan bagi umat Islam untuk melaksanakan pernikahan di bulan Syawal. 

Berdasarkan Hadis itu pula, maka terdapat keutamaan yang bisa diraih melalui pernikahan di bulan Syawal. Bahkan, Sayyidah Aisyah r.ha juga senang menikahkan para wanita di bulan Syawal. Hal ini sebagaimana Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut:

عَنْ عَائِشَة رَضِيَ اللَّه عَنْهَا قَالَتْ: تَزَوَّجَنِي رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَوَّال، وَبَنَى بِي فِي شَوَّال، فَأَيّ نِسَاء رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَحْظَى عِنْده مِنِّي؟ قَالَ: وَكَانَتْ عَائِشَة تَسْتَحِبّ أَنْ تُدْخِل نِسَاءَهَا فِي شَوَّال

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN