KH. Ma’ruf Amin, Bapak Pelopor Ekonomi Syariah

 
KH. Ma’ruf Amin, Bapak Pelopor Ekonomi Syariah
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - KH. Ma’ruf Amin adalah Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024. Mungkin tidak banyak orang tahu ruang gerak Kiyai yang kalem tapi energik itu. Beliau telah malang melintang berkecimpung dalam dunia organisasi dan dakwah.

KH. Ma’ruf Amin merupakan salah satu santri Tebuireng yang pernah dididik langsung oleh KH. Idris Kamali, menantu KH. Hasyim Asy’ari. Konon, tidak sembarang santri bisa mengaji langsung kepada Kiyai Idris Kamali. Hanya santri pilihan yang mendapatkan kesempatan ta’lim dan tarbiyah secara intensif dari beliau. Dan salah satunya adalah KH. Ma’ruf Amin.

Tidak heran, jika kelak KH. Ma’ruf Amin menjadi salah satu tokoh penting dalam kepengurusan Nahdlatul Ulama dan sempat menjadi Rais ‘Aam PBNU (2015-2019). Sampai akhirnya juga terpilih sebagai Wakil Presiden Indonesia 2019-2024.

Sebelum meniti karier sampai di puncak kepemimpinan tersebut, beliau melalui proses yang cukup panjang. Setelah ‘nyantri’ di Tebuireng, KH. Ma’ruf Amin sempat melanjutkan studi di Fakultas Ushuluddin, Universitas Ibnu Khaldun, Bogor dan berhasil meraih gelar Sarjana Filsafat Islam.

Sementara, dalam ranah organisai, beliau tercatat pernah menjadi pimpinan GP Anshor cabang Tanjung Priok. Lalu, juga pernah masuk di jajaran struktural kepengurusan Nahdlatul Ulama Wilayah Jakarta, menjabat sebagai Wakil Ketua pada tahun 1968-1976. Selain itu, di rentang tahun itu beliau juga pernah menjabat sebagai salah satu anggota Badan Amil, Zakat, Infak dan Shadaqah (Bazis) Jakarta.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN