Tahun 634-644 M: Bagaimana Peradaban Dunia di Masa Kekhalifahan Umar bin Khattab?

 
Tahun 634-644 M: Bagaimana Peradaban Dunia di Masa Kekhalifahan Umar bin Khattab?

Laduni.ID, Jakarta - Setiap era telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan, salah satu era tersebut adalah masa kekhalifahan Sayyidina Umar bin Khattab dari tahun 634 hingga 644 M.

Peristiwa-peristiwa bersejarah di belahan dunia antara lain di Jazirah Arab, Nusantara, Timur Tengah, Mesir, Eropa, dan Cina meninggalkan dampak besar terhadap peradaban yang kita kenal sekarang.

Di Jazirah Arab pada tahun 634 M terjadi peristiwa besar, yakni pergantian kekhalifahan yang pertama dalam sejarah peradaban Islam. Khalifah Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq telah dilanjutkan oleh Sayyidina Umar bin Khattab, sesuai dengan wasiat dari Khalifah Abu Bakar sebelum wafat. Hal ini membuktikan kemuliaan Umar bin Khattab.

Khalifah Umar bin Khattab (634-644 M) salah satu dari empat Khulafaur Rasyidin setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Beliau masuk Islam pada tahun ke-6 kenabian. Sejak masuk Islam, Sayyidina Umar bin Khattab lah yang memprakarsai era keterbukaan dalam berdakwah.

Keberanian dan pengabdiannya dalam memisahkan antara kebenaran dengan kebathilan membuatnya diluluki Al-Faruq, yang berarti pemisah antara kebenaran dengan kebathilan.

Dalam masa pemerintahannya, Khalifah Umar bin Khattab merupakan pemimpin dengan keahlian administrasi yang sangat baik, pemimpin politik, dan jenderal militer yang cerdas. Keputusan dan kebijakan dalam menegakkan kebenaran dan hak-hak rakyat, membuat dirinya dihargai dan memiliki posisi penting dalam Sejarah Peradaban Islam.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN