Info Harian Laduni.ID: 28 Maret 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 28 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Kamis, 28 Maret 2024 bertepatan dengan hari lahir Teungku Ali Hasjmy.

Teungku Ali Hasjmy
Muhammad Ali bin Hasyim bin Abbas, yang akrab dipanggil Ali Hasjmy, dilahirkan pada tanggal 28 Maret 1914, di Desa Lampase, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar. Beliau adalah anak sulung dari pasangan Teungku Hasyim dan Nyak Buleuen.

Ali Hasjmy meninggal pada tanggal 18 Januari 1998, Pada diusia 83 tahun,  menyebabkan kehilangan besar bagi masyarakat Aceh.

Ali Hasjmy, seorang yang bermula dari masa kecil yang sederhana, telah menorehkan jejak yang mengagumkan dalam dunia pendidikan. Awal pendidikannya dimulai dari sekolah Belanda, namun peluang pendidikan lebih lanjut muncul ketika dayah-dayah dihidupkan kembali oleh ulama Aceh, termasuk Dayah Montasik. Melalui dayah, Ali Hasjmy mendapat kesempatan untuk belajar ilmu agama yang lebih mendalam.

Ali Hasjmy terlibat dalam berbagai aktivitas organisasi dan politik sejak usia muda. beliau menjadi Sekretaris di HPII ( Himpunan Pemuda Islam Indonesia) Cabang Padang Panjang dan anggota partai politik PERMI (Persatuan Muslim Indonesia) Cabang Padang Panjang pada tahun 1932-1935. Keterlibatannya dalam diskusi-diskusi tentang Kemerdekaan Indonesia menyebabkan penangkapannya oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1935.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN