Info Harian Laduni.ID: 30 April 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 30 April 2024

Laduni.ID, Jakarta - Hari ini Selasa, 30 April 2024 bertepatan hari lahir KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir dan hari wafat Al-Habib Hasan bin Abdullah Asy-Syathiri.

KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir
KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir memiliki nama lengkap KH. Abdul Hamid bin KH. Abdul Qodir bin KH. M. Munawwir bin KH. Abdullah Rosyad bin KH. Hasan Bashari. Lahir pada tanggal 30 April 1959 M, di Bantul. beliau merupakan putra dari pasangan KH. R. Abdul Qodir dan Nyai Hj. R. A. Salimah.

Pada tahun 1989 tepat KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir berusia 30 tahun, usia yang matang untuk membina bahtera kehidupan rumah tangga. KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir menikah dengan putri KH. Abdullah Faqih Malang Jawa Timur yang bernama Nyai Luluk Maftuhah yang saat itu masih berusia 20 tahun.

Perjalanan intelektual KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir di mulai dari jenjang pendidikan formal selama 13 tahun di Krapyak, dimulai dari TK Ndasari Budi Krapyak Kulon tahun 1965 sampai 1966, SD Jageran Krapyak Kulon serta ikut Madrasah Ibtidaiyah Ponpes. Krapyak Yogyakarta ketika sorenya tamat tahun 1972, MTs dan Aliyah Al-Munawwir dari tahun 1973 sampai tahun 1978. Pada tahun 1979 beliau meneruskan menghafal Al-Qur’an hingga khatam di Ponpes Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta.

Pada tanggal 19 Januari 1989, pendiri PPTQ Ma'unah Sari wafat, sebelum wafat karena belum dikaruniai keturunan KH. Mubassyir Mundzir memberikan wasiat yang berkaitan dengan regenerasi pengasuh pesantren. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN